Jadi Perhatian Risnandar, Pemko Pekanbaru Masih Miliki Utang Rp130 Miliar

Selasa, 22 Oktober 2024 - 15:22:06 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hingga kini masih memiliki utang sekitar Rp130 miliar ke rekanan atau pihak ketiga.

Utang ratusan miliar itu bersumber dari kegiatan yang dilaksanakan tahun 2021 dan 2022 lalu.

Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Risnandar Mahiwa, menyatakan jika utang itu menjadi perhatian dirinya. Namun demikian, Pemko Pekanbaru belum mampu untuk melunasi.

Saat ini, kata dia, pemerintah kota fokus menggunakan anggaran yang ada dengan skala prioritas seperti untuk pembayaran gaji pegawai.

"Kita lihat dengan segala kondisi keuangan kita kan, tentu skala prioritas yang ini (gaji), tetapi yang tunda bayar (utang) menjadi perhatian kita. Dalam rapat tunda bayar, itu juga menjadi perhatian," ujarnya, Selasa (22/10/2024).

Pemko Pekanbaru, lanjut Risnandar, masih merapatkan dengan OPD terkait apakah keuangan mampu untuk membayarnya atau tidak. Menurutnya, keuangan Pemko Pekanbaru sudah bermasalah dari sisi perencanaan.

"Begitu saya masuk ada sedikit permasalahan, mis perencanaan. Nah salah satunya kita melakukan pengisian gaji untuk 12 bulan, karena itu hak pegawai," ucapnya.

"Tapi masalah tunda bayar ini tentunya tetap berproses sesuai dengan aturan. Kita lihat sesuai kemampuan keuangan," tutupnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+