HUT PGRI ke 74, Walikota Pekanbaru: Terima Kasih Guru

Senin, 25 November 2019 - 16:17:07 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus menyerahkan penghargaan guru berprestasi kepada Kepala SMPN 4 Pekanbaru Rukiah.

BETUAH.COM, PEKANBARU - Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa karena dinilai telah banyak berjasa dalam mencetak generasi muda yang cerdas dan kreatif.

Terima kasih dan apresiasi itu disampaikan walikota usai memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di halaman kantor Mal  Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (25/11/2019) pagi.

"Guru ini bukan sekedar pahlawan tanpa tanda jasa, tapi mereka adalah pencipta dan penemu masyarakat kita saat ini," ujarnya.

"Tidak sedikit hasil karya guru yang berhasil mengharumkan nama negara. Bisa dikatakan, semua guru disini adalah tokoh pendidikan yang menciptkan kita semua disini,'' ulas walikota.

Walikota juga sedikit bernostalgia saat dia masih menjadi pelajar. Menurutnya, guru lah yang mendidik dia menjadi seperti saat ini. Mulai dari belajar membaca hingga berhitung. Bahkan, dia mengaku masih mengingat siapa guru yang mendidiknya sejak sekolah dasar hingga meraih gelar Doktor.

"Sampai kapanpun, mereka selalu ada di hati kita semua dan sampai kapanpun mereka selalu menjadi pahawalan kita. Selamat hari guru dan terima kasih atas jasamu," ucapnya.

Menurut walikota, saat ini beban kerja seorang guru semakin berat. Untuk itu dirinya meminta para guru bersifat ikhlas demi memajukan kehidupan bangsa untuk generasi ke depan.

"Guru jelas adalah seorang pionir. Di tangan gurulah akan hadir calon sumber daya manusia yang akan berkualitas ke depannya. Bangsa yang cerdas juga menjadi peran dari tangan dingin seorang guru," tegasnya.

Terkhusus untuk guru di Pekanbaru, walikota mempunyai tips bagaimana menciptakan generasi milenial yang mandiri, tangguh dan berdaya saing. Salah satunya, guru mestinya memiliki mindset tidak hanya memiliki harapan bisa menjabat sebagai kepala sekolah.

"Melainkan juga seorang pemimpin perusahaan yang mempoduksi produk yang berkualitas yaitu sumber daya manusia. Karena dari gurulah berawal bagaimana menciptakan generasi yang siap hadapi revolusi industri," tuturnya.

Dengan peran guru tersebut, peserta didik mampu menggali potensinya sehingga menuntun Indonesia menjadi tangguh dan berdaya saing. Tak sampai disitu, walikota juga menyebutkan peran guru begitu vital, karena waktunya hampir habis di sekolah untuk memberikan limu kepada peserta didik.

"Lingkungan juga berperan untuk membentuk karakter siswa. Jadi peran guru memperhatikan peserta didiknya, juga berdampak kepada akhlak dan sikap peserta didik ke depannya," katanya.

Terkahir, walikota mengucapkan ribuan terima kasih kepada semua guru. "Selamat hari guru, semoga niat tulus ikhlas para guru, akan menjadi amal ibadah mereka," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Pendidikan

Sekolah Madrasah di Kota Pekanbaru Pelajari 6 Bahasa

Selasa, 14 Januari 2020
Pendidikan

Honda BR-V Misty Green Pearl Diperkenalkan Ke Publik

Jumat, 06 November 2015