Dinas Pendidikan Pekanbaru Diminta Infokan PPDB Secara Jelas

Kamis, 18 Juni 2020 - 23:40:56 WIB Cetak

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi

Betuah Pekanbaru - Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, meminta Dinas Pendidikan setempat utuk memberikan informasi secara jelas tentang sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021.

Dikatakannnya, jika pelaksanaan PPDB baik tingkata Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilakukan secara online, maka informasi harus dipastikan sampai kepada masyarakat.

"Kan pendaftaran online, maka informasinya harus sampai ke masyarakat," pintanya, Kamis (18/6/2020).

Agar informasi seputar PPDB bisa tersosialisasikan dengan baik, sebut Ayat, Dinas Pendidikan bisa menyebar info melalui media sosial seperi Facebook, Instagram maupun WhattApp.

"Kepada masyarakat, kita mengajak untuk aktif mencari informasi seputar PPDB. Mereka bisa mengakses informasi terkini lewat media sosial," ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Pekanbaru Abdul Jamal mengatakan, sesuai jadwal, PPDB akan dimulai di awal Juli mendatang.

"Tetap di awal Bulan Juli, dari tanggal 1 sampai dengan 7 Juli. Kalau normalnya kita buka selama 3 hari, tapi karena corona ini ditambah jadi satu minggu," ungkapnya.

Untuk PPDB tingkat SDN, terang Jamal, usia minimal calon peserta didik 7 tahun. "Itu salah satu syarat yang harus dipenuhi," ujarnya.

Kemudian untuk tingkat SMPN, lanjut Jamal, ada empat jalur yang bisa diambil. Pertama warga tempatan atau zonasi dengan kuota 60 persen. Kedua jalur prestasi akademik dan non-akademik 20 persen, ketiga jalur afirmasi bagi warga miskin 15 persen dan keempat untuk jalur pindahan 5 persen.

"Jalur pindahan 5 persen ini termasuk kuota bagi anak guru," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+