Kabar Mewah, Tahun Depan Biaya Pendidikan SMA-SMK Negeri di Riau Gratis

Sabtu, 30 November 2019 - 22:19:49 WIB Cetak

Biaya pendidikan di Riau gratis

BETUAH.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, mulai 2020 mendatang bakal menggratiskan biaya pendidikan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/SMK) negeri.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, biaya pendidikan tingkat SMA-SMK negeri itu akan ditanggung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) murni tahun 2020.

"Alhamdulillah, saye nak berbagi kabar mewah. Seiring dengan telah disahkannya APBD Riau 2020, mulai tahun depan seluruh biaya sekolah anak-anak kita jenjang pendidikan SMAN dan SMKN digratiskan," tulis Gubernur Riau Syamsuar di akun Facebook-nya, Kamis (28/11/2019).

Dengan digratiskannya biaya pendidikan tingkat SMA dan SMK negeri tersebut, Syamsuar mengajak semua pihak sama-sama mengawal penerapannya mulai 2020 mendatang.

"Mari sama-sama kita kawal proses pelaksanaannya untuk memastikan anak-anak Riau mendapatkan hak meraih pendidikan setinggi-tingginya," ajak mantan Bupati Siak dua periode ini.

Terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Riau Rudiyanto menyebut, wajib belajar 12 tahun merupakan visi dan misi Gubenur Riau untuk memastikan anak-anak di Riau bisa sekolah hingga ke jenjang SMA dan SMK sederajat di Riau.

Selain mengratiskan biaya pendidikan, terang dia, Pemprov Riau juga menangung seluruh biaya Penerimaan Peserta Diik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK negeri.

"Kami sudah ingatkan kepala sekolah untuk tidak meminta pungutan apapun saat PPDB. Kalau ada yang meminta pungutan PPDB, laporkan ke kami, akan kami berikan tindakan tegas," pintanya.

"Ini sesuai dengan arahan pak Gubernur Riau kepada kami untuk menidak tegas kepala sekolah yang meminta pungutan di luar ketentuan dan aturan yang berlaku," tegasnya menambahkan. (abd) 



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+
Pendidikan

Kurikulum pendidikan 2013 dinilai aneh dan lucu

Kamis, 05 November 2015
Pendidikan

Isuzu: Sekarang Waktu yang Pas Bangun Pabrik

Selasa, 07 April 2015