Delima Gelar MTQ Perdana Tingkat Kelurahan di Pekanbaru

Rabu, 19 Februari 2020 - 22:36:56 WIB Cetak

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi, memberikan pengarahan saat membuka MTQ tingkat Kelurahan Delima di Masjid Al Arsy Komplek Perumahan Widya Graha II, Rabu (19/2/2020).

Betuah Pekanbaru - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kelurahan di Kota Pekanbaru mulai bergulir. Delima merupakan kelurahan perdana yang melaksanakan kegiatan tahunan ini.

Dipusatkan di Masjid Al Arsy Komplek Perumahan Widya Graha II, MTQ tingkat Kelurahan Delima ini dibuka secara langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi, Rabu (19/2/2020).

Dalam arahannya, Ayat menyampaikan jika pelaksanaan MTQ sangat membantu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam mewujudkan visi-misi Smart City yang Madani.

"Untuk itu, kita berikan apresiasi kepada pihak kelurahan dan Kecamatan Tampan yang telah bekerja keras untuk melaksanakan MTQ ini," ucapnya.

Dikatakan Ayat, selain menjadi momentum untuk memasyarakatkan Alquran menuju masyarakat yang madani, pelaksanaan MTQ juga bertujuan mencetak qori-qoriah yang siap mewakili Kota Pekanbaru di tingkat Provinsi Riau hingga menjadi wakil Riau di MTQ tingkat nasional.

"Jadi kita doakan ada qori qoriah Delima yang maju ke tingkat nasional nantinya. Semoga," harapnya.

"Namun yang terpenting bagaimana dengan MTQ ini bisa membantu mewujudkan Pekanbaru smart city madani. Madani ini merupakan masyarakat yang akhlaknya qurani. Secara religius, ahklak qurani ini sebenar-benar yakin kepada Tuhan Yang Maha Esa sesuai Pancasila sila pertama," ulasnya.

Masyarakat yang madani, terang Ayat, juga merupakan masyarakat yang mencintai kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Ini juga sejalan dengan Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) bahwa membuang sampah sembarangan, haram hukumnya," tegasnya.

Pembukaan MTQ dengan tema "Mari jadikan momentum MTQ sebagai sarana mewujudkan masyarakat berakhlak yang qurani menuju smart city madani" ini turut dihadiri Camat Tampan Liswarti dan Lurah Delima M Rizkiady Rambe.

Kemudian tampak hadir juga lurah se Kecamatan Tampan, Dewan Hakim serta Dewan Juri MTQ, forum RT/RW, alim ulama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan ratusan warga sekitar. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+