Antisipasi Corona, Pemko Pekanbaru Minta Hiburan Malam Ditutup

Rabu, 18 Maret 2020 - 22:55:34 WIB Cetak

Sekdako Pekanbaru Muhammad Noer saat memimpin rapat penanganan Covid-19 bersama Forkopimda dan sejumlah pejabat pemko, Rabu (18/3/2020).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, meminta seluruh tempat hiburan malam dan bioskop di Kota Bertuah ditutup sementara waktu sebagai antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Noer mengatakan, permintaan penutupan tempat hiburan malam itu sesuai hasil rapat yang digelar pemerintah kota dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) pada Rabu (18/3/2020) sore.

"Kita sudah membentuk tim dan membuat surat edaran (tentang permintaan penutupan hiburan malam dan bioskop)," ungkapnya usai memimpin rapat.

Selain hiburan malam dan bioskop, sebut M Noer, pemerintah kota juga melarang warung internet (warnet) menerima pengunjung anak-anak.

"Warnet diminta melarang anak-anak untuk bermain," ucapnya.

Untuk antisipasi penyebaran virus corona, terang dia, pemerintah kota juga telah melakukan berbagai langkah seperti melakukan penyemprotan cairan disinfektan di pusat-pusat pelayanan dan rumah ibadah.

"Kita juga sudah menutup RTH (Ruang Terbuka Hijau)," ujar M Noer.

Selain membahas penutupan hiburan malam dan bioskop, lanjut M Noer, dalam rapat bersama Forkopimda itu juga dibahas dua pengelompokan dalam kasus virus corona. 

Pertama, Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP). ODP ini orang yang bersuhu badan tinggi tapi belum ada gejala. Sedangkan PDP mereka suhu tinggi, kemudian ada gejala-gejala. 

"Ini terus diawasi, ditindaklanjuti apakah dia positif atau tidak," paparnya.

M Noer juga mengungkap, di Pekanbaru, kasus ODP yang kemarin hanya 26 orang, pada Rabu (18/3/2020) meningkat menjadi 40 orang. Sedangkan PDP dari 10 orang, bertambah menjadi 12 orang.

"Namun demikian, kita mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik, tetapi harus waspada karena penyebaran virus ini sangat mudah dan cepat. Semua masyarakat mari peduli, jaga kesehatan diri, dengan istirahat yang cukup," tutupnya. (abd) 



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+