Masjid Paripurna di Pekanbaru Terima Bantuan Disinfektan dan APD

Kamis, 02 April 2020 - 22:50:55 WIB Cetak

Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat, saat menyerahkan bantuan cairan disinfektan dan APD kepada Imam Besar Masjid Paripurna, Kamis (2/4/2020).

Betuah Pekanbaru - Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru, menerima bantuan berupa cairan disinfektan sekaligus hand sprayer atau alat semprotan tangan serta alat pelindung diri (APD) guna mengantisipasi penyebaran wabah virus corona.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Walikota Pekanbaru Firdaus kepada 12 Imam Besar Masjid Paripurna, bertempat di halaman Masjid Paripurna Pekanbaru Arrahman Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (2/4/2020).

Dikatakan walikota, bantuan yang diserahkan itu diberikan oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau bersama Ormas Tionghoa dan Lembaga Keagamaan Riau yang tergabung dalam Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pekanbaru.

Untuk itu, walikota menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 yang telah menjadi bahagian dari perjuangan untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru.

"Virus corona atau Covid-19 ini adalah ancaman yang mematikan dan sangat berbahaya. Untuk itu, mari kita bersama menjadi pasukan untuk memerangi penyebaran Covid-19 yang bertujuan menyelmatkan jiwa dan diri kita, keluarga kita dan masyarakat kita," ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua MUI Pekanbaru Ilyas Husti juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 yang telah memberikan bantuan berupa disinfektan, hand sprayer dan APD tersebut.

"Ini merupakan satu usaha untuk menggaet semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalan penanggulangan Covid-19," ujarnya.

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah dengan menerapkan sistem sosial distancing, terang Ilyas, maka penyerahan bantuan dari Tionghoa Peduli Penanggulangan Covid-19 akan dilakukan secara bertahap.

"Sesuai Undang-undang untuk menjaga sosial distancing, maka kita akan memanggil para imam nasjid secara bertahap. Jadi perjam kita panggil. Dimulai dari Jam 08.00 WIB itu kita berikan kepada 10 orang, kemudian jam 09.00 akan kita panggil lagi 10 orang hingga selesai. Ini gunanya agar tidak terjadi pengumpulan massa yang banyak," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Ilyas juga berpesan supaya bantuan yang diberi dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya. 

"Mari merapatkan barisan dan melakukan upaya preventif dan semoga wabah yang sekarang ini menjadi kerisauan kita semua bisa cepat berlalu," harapnya.

Sementara itu, Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya menyebut, bantuan berupa 200 hand sprayer, APD dan cairan disinfektan itu diharap bisa bermanfaat untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran wabah virus corona.

"Hari ini kita menyerahkan 200 alat semprot lengkap dan cairan disinfektan serta lengkap dengan alat pelindung diri seperti goggles, sarung tangan, masker dan juga sepatu boot kepada MUI Pekanbaru. Untuk pagi ini diserahkan 100 set dan sore nanti diserahkan lagi 100 sett lagi, total ada 200 set," urainya.

Ia mengatakan bantuan itu diserahkan kepada MUI Pekanbaru untuk nantinya didistribusikan lagi ke masjid-masjid yang ada di Kota Pekanbaru. 

"Jadi nanti MUI yang akan menyalurkan ke masjid-masjid yang ada di Pekanbaru. Tentunya data-data masjid kan ada ada di MUI Pekanbaru. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat dan bisa digunakan dengan maksimal. Mudah-mudahan peran kecil dari Masyarakat Tionghoa bisa membantu, karena ini tragedi kemanusiaan yang terjadi di seluruh dunia," tuturnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+