Rapid Test Massal di Tobek Godang dan Delima, 10 Hasilnya Reaktif Corona

Sabtu, 16 Mei 2020 - 20:19:03 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, meninjau secara langsung pelaksaan rapid test di kantor Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Tampan, Sabtu (16/5/2020).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 10 orang hasilnya didapati reaktif atau terindikasi terpapar virus corona dalam rapid test atau pemeriksaan cepat yang dilakukan secara massal di Kelurahan Tobek Godang dan Delima, Kecamatan Tampan, Sabtu (16/5/2020).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Muhammad Amin mengatakan, dari 10 hasil tes reaktif itu sebayak 9 orang di antaranya merupakan warga Kelurahan Tobek Godang.

"Sementara di Kelurahan Delima hanya 1 orang yang hasil tesnya reaktif," ungkap Amin, Sabtu sore.

Di Kelurahan Tobek Godang, terang Amin, rapid test massal yang dipusatkan di kantor kelurahan setempat diikuti sebanyak 203 warga dan di Kelurahan Dellima 118 warga. 

"Total 321 orang yang menjalani rapid tets di dua kelurahan tersebut, dengan 10 hasilnya reaktif," ucapnya.

Untuk warga yang hasilnya tesnya reaktif langsung dirujuk ke rumah sakit rujukan untuk melakukan tes swab atau pemeriksaan cairan pada saluran pernapasan untuk memastikan apakah warga tersebut benar positif Covid-19.

"Reaktif ini hanya indikasi, belum positif covid. Makanya harus dilakukan tes swab terlebih dahulu," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Amin, saat ini pihaknya masih fokus melakukan rapid test secara massal di Kecamatan Tampan mengingat kecamatan ini merupakan zona merah penyebaran wabah virus corona dengan jumlah kasus sebanyak 17 orang.

"Khusus untuk Tobek Godang dan Delima ada 6 kasus positif Covid-19," tutupnya.

Rapid test merupakan tes yang digunakan sebagai screening awal untuk mendeteksi Covid-19. Pada hasil rapid test yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan konfirmasi lebih lanjut dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR). (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+