Rapid Test Massal di Bukit Raya Diikuti 400 Orang, 3 Reaktif Corona

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:14:15 WIB Cetak

Gubernur Riau Syamsuar dan Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi, memantau pelaksanaan rapid test massal di Kecamatan Bukit Raya, Selasa (2/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Pemeriksaan cepat atau rapid test Covid-19 yang digelar Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru di Kecamatan  Bukit Raya, Selasa (2/6/2020) diikuti sebanyak 400 orang.

Sekretaris Dinas Kesehatan Pekanbaru dr Zaini Rizaldy mengatakan, dari 400 orang yang mengikuti rapid test tersebut, tiga di antaranya reaktif atau terindikasi terpapar virus corona.

"Tiga orang yang hasil rapid test reaktif, langsung dilakukan swab (pengambilan sampel lendir dari dalam hidung maupun tenggorokan untuk diuji di laboratorium)," ungkapnya, Selasa Sore.

Swab, sebut pria yang akrab disapa dokter Bob ini, juga dilakukan terhadap keluarga inti seperti suami/istri dan anak dari 3 orang yang hasil rapid test reaktif.

"Jadi total yang dilakukan swab 11 orang. 8 orang merupakan keluarga inti," ucapnya.

Namun jika hasil swab nanti ketiga warga bersangkutan dinyatakan positif Covid-19, maka tes swab akan dilakukan kepada seluruh keluarga. Saat ini, ketiganya sudah dirawat di RSD Madani Pekanbaru sampai hasil swab keluar.

"Sementara untuk keluarganya hanya isolasi mandiri di rumah," tutupnya.

Rapid test sendiri dipusatkan di dua kelurahan di antaranya Kelurahan Tangkerang Selatan dan Kelurahan Tangkerang Utara.

Selain rapid test, juga dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di dua kelurahan tersebut. Penyemprotan dipimpin secara langsung oleh Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+