Rapid Test di Marpoyan Damai Diikuti 400 Warga, Seluruhnya Non Reaktif

Kamis, 04 Juni 2020 - 23:28:32 WIB Cetak

Suasana pemeriksaan rapid test yang dipusatkan di SD IT Al-Fikri, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai, Kamis (4/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 400 warga di Kecamatan Marpoyan Damai mengikuti pemeriksaan cepat Covid-19 atau rapid test yang dipusatkan oleh Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru di dua lokasi, Kamis (4/6/2020).

Lokasi pertama di SD IT Al-Fikri, Kelurahan Tangkerang Tengah, jumlah warga yang mengikuti rapid test membludak mencapai 347 orang.

Sedangkan di lokasi kedua di kantor Kelurahan Wonorejo, rapid test hanya diikuti 53 orang.

"Jadi total 400 orang yang menjalani rapid test hari ini di Kecamatan Marpoyan Damai. Hasilnya, seluruh non reaktif (tidak ada yang terpapar virus corona)," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pekanbaru Muhammad Amin, Kamis sore.

Disampaikannya, partisipasi warga di Kecamatan Marpoyan Damai untuk ikut memeriksa diri pada pelaksanaan rapid test tergolong tinggi. Terbukti, dari 400 alat rapid test yang disiapkan, semua terpakai.

Ditambahkan Amin, pihaknya bekerjasama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru berencana kembali melakukan rapid tes secara masal dalam upaya menemukan orang tanpa gejala (OTG).

"Bisa saja nanti kita selenggarakan di pasar dan tempat keramaian, jadi tidak hanya di wilayah zona merah saja," ucap dia.

Terpisah, Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi menyebut, hingga Kamis sore sudah tercatat sebanyak 3.195 warga yang mengikuti pemeriksaan rapid test secara massal.

"Hasilnya, 3.159 orang non reaktif dan 36 reaktif (terindikasi terpapar virus corona)," kata dia.

Pemeriksaan rapid test sendiri sudah berlangsung di 4 kecamatan yang menjadi zona merah penyebaran Covid-19 di antaranya Kecamatan Tampan, Tenayan Raya, Bukit Raya dan Terakhir di Marpoyan Damai. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+