Hasil Swab Dua Kali Negatif, Kondisi HW Terus Membaik

Senin, 08 Juni 2020 - 22:55:52 WIB Cetak

Ilustrasi virus corona/net

Betuah Pekanbaru - Kondisi HW, laki-laki usia 46 tahun asal Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau yang menjadi pasien positif corona ke-118 di Riau dan ke-41 di Kota Pekanbaru, kini terus membaik.

Juru Bicara Covid-19 Riau dr Indra Yovi mengatakan, dari hasil swab (pemeriksaan sampel lendir pada saluran pernafasan) yang dilakukan, HW sudah dua kali dinyatakan negatif.

"Pasien HW diperkirakan besok sudah bisa pulang. Sebab, hasil swabnya sudah dua kali negatif," Ungkap dr Yovi, Senin (8/6/2020).

Di samping itu, terang dia, Dinas Kesehatan Provinsi Riau bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar terus melakukan penelusuran terhadap kontak HW.

"Pasien HW sempat dua kali berkunjung ke Sungai Hijau Bangkinang. Makanya kami melibatkan Diskes Kampar untuk melakukan kontak tracing," ucap Yovi.

Sementara itu, Dinas Kesehatan Pekanbaru pada Senin (8/6/2020) sudah melakukan pemeriksaan swab terhadap 6 orang keluarga HW.

"Dari hasil tracing, kita sudah melakukan swab terhadap 6 keluarga terdekat pasien," ungkap Juru Bicara Pemerintah Kota Pekanbaru untuk Percepatan Penanganan Covid-19 dr Mulyadi, saat memberi keterangan pers, Senin sore.

Swab dari 6 orang keluarga HW, sebut Mulyadi, sudah dikirim ke Laboratorium Biomolekuler Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad Provinsi Riau. "Mudah-mudahan tidak ada penambahan kasus positif," harap dia.

Untuk diketahui, HW, laki-laki usia 46 tahun asal Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 sesuai hasil swab yang dilakukan salah satu rumah sakit swasta di Kota Pekanbaru.

HW dinyatakan positif Covid-19 berawal saat ia hendak ingin pulang ke Natuna pada 4 Juni lalu. Karena berangkat melalui Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, HW mesti memenuhi salah satu syarat yaitu rapid test atau pemeriksaan cepat Covid-19.

Saat menjalani proses rapid test di salah satu rumah sakit swasta, HW dinyatakan reaktif atau terindikasi terpapar virus corona. Atas hasil itu, HW lantas menjalani proses swab di salah satu rumah sakit swasta dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

Oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riau dan Kota Pekanbaru, HW langsung dirujuk ke RSUD Arifin Achmad Riau untuk diisolasi dan mendapatkan perawatan medis.

Meski terdata sebagai warga Natuna sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP), namun keluarga HW diketahui berdomisili di Kota Pekanbaru, tepatnya di Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya. (iki)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+