Budayawan Riau Tenas Effendy jadi Nama Perpustakaan Umum Pekanbaru

Rabu, 24 Juni 2020 - 14:03:05 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, menandatangani prasasti peresmian nama Perpustakaan Umum Kota Pekanbaru, pada syukuran hari jadi Kota Pekanbaru ke-236 yang dipusatkan di perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Selasa (23/6/2020).

Betuah Pekanbaru - Nama Budayawan dan Sastrawan dari Riau Tengku Nasyaruddin Effendy atau yang lebih dikenal dengan nama Tenas Effendy, kini dijadikan sebagai nama Pespustakaan Umum Kota Pekanbaru.

Perpustakaan Tenas Effendy diresmikan secara langsung oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, pada syukuran hari jadi Kota Pekanbaru ke-236 yang dipusatkan di perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Selasa (23/6/2020).

Peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Walikota Pekanbaru, disaksisikan secara langsung oleh putri almarhum Tenas Effendy, Tengku Hidayati Efiza.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kota Pekanbaru Nelfiyonna menyebut, penyematan nama Tenas Effendy sebagai nama Perpustakaan Umum itu merupakan bentuk penghormatan kepada Budayawan dan Sastrawan Melayu tersebut.

"Beliau adalah sosok inspiratif, semoga bisa memberi inspirasi bagi kawula muda nantinya," harap dia, Rabu (24/6/2020).

Disampaikan Nelfiyonna, sejak berdiri pada 2014 lalu, Perpustakaan Umum Pekanbaru belum diberi nama. Karena itu, pihaknya meminta persetujuan dari keluarga almarhum Tenas Effendy agar nama Tokoh Riau itu diperbolehkan menjadi nama perpustakaan.

"Keluarga bersedia agar nama Pak Tenas diabadikan menjadi nama perpusatakaan di Kota Pekanbaru," ucapnya.

Dikatakan Nelfiyonna, sosok Tenas Effendy tidak hanya dikenal sebagai budayawan. Tunjuk Ajar Melayu menjadi satu karyanya yang paling terkenal.

Nelfiyonna menilai sosok Tenas Effendi merupakan tauladan dalam bidang literasi. Sosoknya sangat menginspirasi masyatakat. "Beliau adalah panutan untuk kita semua," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+