Ratusan LKM RW di Pekanbaru Belum Setor Retribusi Sampah Sejak Januari

Kamis, 09 Juli 2020 - 23:30:52 WIB Cetak

Ilustrasi retribusi/net

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menyebut, ratusan Lembaga Keswadayaan Masyarakat Rukun Warga (LKM-RW) tak kunjung menyetorkan retribusi sampah di pemukiman atau perumahan sejak Januari 2020 lalu.

Kepala DLHK Pekanbaru Agus Pramono mengatakan, dari 763 LKM RW yang tercatat bekerjasama dalam memungut retribusi sampah di perumahan, baru 50 di antaranya yang sudah menyetorkan uang retribusi kepada pihaknya.

"Ada 763 LKM RW, ada 700 yang belum setor. Yang jelas tu di tahun 2020, data itu kan saya baca dari Januari sampai dengan Juni. Itu belum ada. Hanya sekitar 50 lah," ungkapnya, Kamis (9/7/2020).

Untuk itu, ia mengimbau kepada ratusan LKM RW tersebut segera menyetorkan kewajibannya.

"Warga itu diambil retribusi oleh LKM RW, nah LKM RW setor kemari (DLHK). Kalau tidak disetor, itu namanya penggelapan," tegas mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekanbaru ini.

Disampaikannya, potensi retribusi sampah di wilayah pemukiman bisa mencapai angka Rp3 hingga Rp5 miliar untuk satu bulan.

"Karena itu kita terus berupaya menarik retribusi guna menambah PAD (pendapatan asli daerah). Sekarang kita masih berupaya berkoordinasi dengan LKM RW untuk segera menyetorkan retribusi yang sudah dipungut," tutupnya.

Terpisah, Sekretaris DLHK Pekanbaru Azhar mengatakan, target retribusi sampah yang ditetapkan pemerintah kota untuk tahun ini sebelumnya sebesar Rp13 miliar. Namun target dipangkas menjadi Rp5,2 miliar karena turut terdampak pandemi Covid-19.

"Kemarin rapat lagi, Selasa (7/7/2020) dengan pak Sekda. Oleh tim dinaikkan lagi (targetnya) jadi Rp7,5 miliar. Insyaallah bisa tercapai," ucapnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+