Rumah Sakit Apung akan Layani Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Kamis, 24 September 2020 - 15:46:40 WIB Cetak

RSA Nusa Waluya II

Betuah Pekanbaru - Rumah Sakit Apung (RSA) Nusa Waluya II milik Yayasan Dokter Peduli, dalam waktu dekat akan mulai beroperasi memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi warga Kota Pekanbaru.

"Insyaallah, dalam waktu dekat surat-menyuratnya maupun rencana operasionalnya sudah siap. Dalam sehari dua hari ini saya kira rumah sakit terapung sudah bisa beroperasi," kata Asisten I Setdako Pekanbaru Azwan, usai rapat koordinasi dengan manajemen RSA Nusa Waluya II, Kamis (23/9/2020).

Selain pemeriksaan kesehatan, sebut Azwan, nanti direncanakan juga ada operasi bibir sumbing. 

"Teknisnya akan dikoordinasikan dengan Dinas Sosial bekerjasama dengan Dinas Kesehatan," terang Azwan.

Pemerintah Kota, lanjut dia, siap memberikan dukungan seperti tambahan tenaga medis kepada RSA Nusa Waluya II selama menjalankan misi sosial di Kota Pekanbaru sehingga pelayanan kesehatan bisa berjalan secara maksimal.

Kemudian pemerintah kota juga akan membantu RSA Nusa Waluya II guna memenuhi bahan bakar minyak (BBM).

"Mereka memerlukan rekomendasi minyak subsidi, dan kita sudah berikan rekomendasi dan itu sudah diurus oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau yang berkoordinasi dengan Kota Pekanbaru," ucap Azwan.

Sementara untuk penanganan limbah medis, RSA diminta berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru.

"Sedangkan untuk keamanan dalam operasional nanti, pemko akan menyurati kepolisian dan Satpol PP Pekanbaru. Intinya bagaimana rumah sakit terapung ini beroperasional secara optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di Kota Pekanbaru," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+