Usai Diserbu Ribuan Warga, Besok Disdukcapil Tiadakan Rekam KTP

Sabtu, 07 November 2020 - 17:51:38 WIB Cetak

Ribuan warga memadati kantor Disdukcapil Pekanbaru pada Sabtu (7/11/2020) pagi.

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, besok Minggu (8/11/2020) meniadakan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) bagi pemula atau warga yang sudah berusia 17 tahun.

Peniadaan rekam e-KTP dengan alasan adanya alat yang rusak itu disampaikan Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita, usai kantor instansi tersebut diserbu ribuan warga pada Sabtu (7/11/2020) pagi.

"Besok (Minggu 8 November) kami cancel, karena alat ada yang macet, perlu maintenance dan itu sudah diinfokan ke medsos Dukcapil," ucap dia.

Sementara untuk antisipasi kembali membludaknya warga yang datang ke kantor Disdukcapil, Irma menyatakan jika pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap program Dukcapil Weekend Mantap khusus perekaman e-KTP bagi pemula pada hari libur Sabtu dan Minggu.

"Ke depannya kami akan evaluasi teknis pelaksanaannya," ujar mantan Camat Tampan ini.

Disampaikan Irma, dari penelusuran yang dilakukan diketahui bahwa ribuan warga yang memadati kantor Disdukcapil pada Sabtu pagi tidak sepenuhnya warga usia 17 tahun. Tapi ada juga yang mengurus administrasi kependudukan lain di luar program yang disusun.

"Berdasarkan hasil penelusuran kami, banyak yang datang ke Dukcapil hari ini bukan hanya berurusan rekam (e-KTP), (mengurus) KTP rusak dan hilang, tapi banyak juga yang datang untuk urus dokumen kependudukan lainnya," ungkap dia.

Karena itu, khusus warga yang datang mengurus adminduk di luar program rekam usia 17 tahun, mengurus KTP rusak dan hilang, langsung diminta membubarkan diri dan kembali pada jam kerja Senin sampai Jumat.

"Iya, diminta pulang, karena tidak sesuai dengan program hari libur ini dan diarahkan ke layanan seperti biasa di hari kerja," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, ribuan warga membanjiri kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (7/11/2020) pagi.

Kedatangan ribuan warga yang sebagian besarnya remaja usia 17 tahun ini untuk mengikuti perekaman  e-KTP yang memang dijadwalkan secara khusus oleh Disdukcapil pada Sabtu-Minggu (7-8/11/2020).

Warga telah mulai membludak sejak Sabtu pagi. Mereka tampak berkerumun tanpa menjaga jarak sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+