Antisipasi Banjir, PUPR Pekanbaru akan Perbanyak Kolam Retensi

Rabu, 11 November 2020 - 21:39:45 WIB Cetak

Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru, akan memperbanyak kolam retensi untuk mengantisipasi banjir ketika musim hujan.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, kolam retensi itu nantinya akan dibangun di kawasan rawan banjir sesuai arahan dari tim ahli yang kini tengah menyusun masterplan penanganan banjir.

"Kolam retensi ini bentuknya seperti waduk sebagai tempat penampungan air," ungkapnya, Rabu (11/11/2020).

Dikatakan Indra, saat ini kolam retensi yang ada masih belum mencukupi sehingga sangat dibutuhkan beberapa kolam retensi lagi pada wilayah rawan banjir untuk menampung volume air dari curah hujan. 

"Jadi, saat hujan air tidak langsung turun ke masyarakat. Kalau ada kolam retensi air masuk ke sana dulu. Paling tidak, satu malam mengendap baru keluar sedikit-sedikit," jelasnya. 

Indra menyebut dalam pembuatan masterplan pengendalian banjir ini sudah mencapai bobot pekerjaan 60 persen. Masterplan pengendalian banjir ini merupakan acuan dari Dinas PUPR Pekanbaru dalam mengatasi permasalahan banjir. 

Pada masterplan pengendalian banjir ini terdapat data jumlah drainase, anak sungai, dan peta wilayah banjir. Indra berharap masterplan tersebut dapat rampung sebelum akhir Desember mendatang.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+