Wawako Pekanbaru Perintahkan OPD Teknis Tekan Sebaran HIV AIDS

Selasa, 05 Januari 2021 - 14:37:18 WIB Cetak

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi, saat berbincang dengan KPA Provinsi Riau.

Betuah Pekanbaru - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi, memerintahkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis untuk lebih optimal dalam upaya menakan sebaran HIV/AIDS.

Hal itu disampaikan Ayat, usai berbincang dengan Komisi Penanggulan AIDS (KPA) Provinsi Riau, Selasa (5/1/2021).

Disampaikannya, ada sejumlah OPD teknis yang terlibat dalam penanganan HIV/AIDs di antaranya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan instansi lainnya.

"Kita berupaya menekan penyebaran HIV di kota ini," ucapnya.

Dalam pertemuan itu, disebutkan Ayat jika dirinya dengan KPA Provinsi Riau juga membahas upaya penanggulangan HIV/AIDS di Kota Pekanbaru. Apalagi penanggulangan HIV/AIDS masih dalam Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Jadi kita terus berbenah dengan adanya saran dari KPA Provinsi Riau, agar bisa kita tindaklanjuti serta bersinergi dalam penanggulangan HIV/AIDS," ujarnya.

Di kesempatan itu, Ayat juga mengajak agar masyarakat tidak melakukan  stigma negatif bagi para Orang Dengan HIV/AIDS. Ia juga berharap nantinya kasus kematian ODHA bisa diminilisir dengan penanganan kesehatan.

"Kita mengajak semua pihak bisa bekerjasama dalam menanggulangi penyebaran HIV/AIDS," ucapnya.

Para ODHA juga harus mengubah prilaku lebih positif. Mereka bisa ikut mencegah penyebaran HIV/AIDS. "Dukungan keluarga dan lingkungan juga dibutuhkan," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+