Diskes Pekanbaru Sebut Efek Samping Vaksin Sinovac Tidak Membahayakan

Selasa, 12 Januari 2021 - 20:08:44 WIB Cetak

Ilustrasi Vaksin Sinovac

Betuah Pekanbaru - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru mengungkapkan, vaksin Corona Sinovac atau CoronaVac dapat menimbulkan sejumlah efek samping namun tidak ada yang membahayakan.

"Kalaupun ada efek samping diprediski seperti bengkak dan juga demam," ucap Sekretaris Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Selasa (12/1/2021).

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah menyiapkan Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani sebagai tempat perawatan bagi penderita efek samping usai disuntik vaksin.

"Yang memiliki efek samping akan dirujuk ke RS Madani. Karena RS Madani sendiri sudah dipersiapkan untuk menangani pasien yang menderita efek samping vaksin," sebut Zaini.

Seperti diketahui, vaksinasi akan dilakukan secara serentak pada Kamis (14/1/2021) mendatang. Di Kota Pekanbaru, vaksinasi tahap awal dipusatkan di Puskesmas Rejosari.

Saat ini, Pemko Pekanbaru telah menerima sebanyak 11.040 dosis vaksin covid dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Terdapat ribuan tenaga kesehatan dan 10 tokoh di Kota Pekanbaru yang akan menjalani vaksinasi tahap pertama nanti.

Ke-10 tokoh tersebut di antaranya Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahayadi, Wakil Ketua DPRD Nofrizal, Kapolresta Kombes Pol Nandang Mu'min Wijaya, Perwakilan Kodim Kapten Nirzam, Kajari Pekanbaru Andi Sunarlis dan Ketua PN Pekanbaru Saut Marulitua. 

Kemudian Sekdako Pekanbaru Muhammad Jamil, tokoh masyarakat Islam Sutan Syahril, tokoh masyarakat Budha Sarjoko, serta tokoh masyarakat Kristen Burhan Gurning. (abd)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+