Walikota Pekanbaru Ajak PSMTI Riau Bersinergi Sukseskan Vaksinasi

Kamis, 25 Februari 2021 - 22:50:01 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, foto bersama pengurus PSMTI Riau.

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus MT, mengajak Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Riau untuk bersinergi dengan pemerintah kota guna menyukseskan program vaksinasi.

Ajakan itu disampaikan walikota, saat audiensi bersama pengurus PSMTI Riau, bertempat di ruang kerja walikota setempat di komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Kamis (25/2/2021).

Dalam audiensi itu, walikota juga menyebutkan jika dirinya bersama PSMTI juga membahas tentang vaksinasi untuk warga lanjut usia atau lansia.

"Tadi kami berdiskusi dengan para pengurus PSTI Riau mengenai vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat lanjut usia melalui alur pendaftaran organisasi masyarakat," ungkapnya.

Dari informasi yang diperoleh, Jubir Vaksinasi Kementerian Kesehatan dr Nadia Tarmizi mengungkapkan, vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia bisa melalui alur pendaftaran organisasi masyarakat. Organisasi tersebut bisa mendata lansia dengan bekerja sama dengan pemerintah daerah.

Kemudian, organisasi lain juga dapat menyelenggarakan vaksinasi secara massal. Misalnya organisasi keagamaan atau organisasi kemasyarakatan lainnya. Syaratnya, harus bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan atau dinas kesehatan provinsi kabupaten kota untuk melaksanakan vaksinasi massal.

Setelah dipastikan adanya informasi tentang vaksinasi massal ini. Maka organisasi atau institusi tersebut akan melakukan pendataan dan pendaftaran terhadap masyarakat sasaran lanjut usia yang ada di daerah mereka masing-masing.

Setelah melakukan pendaftaran, organisasi dan institusi tersebut akan bekerja sama dengan dinas provinsi kabupaten kota. Mereka menentukan pelaksanaan maupun waktu vaksinasi massal.

Organisasi tersebut juga, akan memberitahukan tempat dan pelaksanaan vaksinasi massal kepada para peserta yang sudah mendaftar. 

"Yang jelas kita tunggu informasi serta mekanisme yang jelas dari Pemerintah dan Satgas Pusat, terkait vaksinasi ini. Tentu kami dukung keaktifan dari ormas yang ada di Pekanbaru untuk menyukseskan vaksinasi, termasuk PSMTI Riau," ujarnya.

Sesuai ketentuan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kelompok usia di atas 59 tahun dilakukan untuk menekan angka kematian dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi lansia.

Ditempat yang sama, Ketua PSMTI Riau Stephen Sanjaya menyebutkan, pihaknya hanya memfasilitasi para masyarakat yang lanjut usia untuk mendapatkan vaksin. Untuk itu pihaknya melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan Wali kota Pekanbaru. 

"Ya kita dapat informasi penyaluran penerimaan vaksin lanjut usia bisa dari ormas. Sejauh ini, respon Wali kota bagus. Sekarang pihak kami ingin mengetahui mekanismenya terlebih dahulu," terang dia. (rls)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+