DPM-PTSP dan Disdukcapil Pekanbaru Raih Penghargaan Pelayanan Prima

Selasa, 09 Maret 2021 - 22:44:46 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus MT, saat menerima penghargaan yang diserahkan secara langsung oleh Menpan RB Tjahjo Kumolo.

Betuah Jakarta - Dua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru di antaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), meraih penghargaan Pelayanan Prima tingkat nasional tahun 2020.

Pelayanan publik yang diberikan dua instansi tersebut mendapat nilai A dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Walikota Pekanbaru Firdaus MT foto bersama Sekdako Muhammad Jamil dan Kepala Dinas Dukcapil Irma Novrita, usai menerima penghargaan.

Selain dua penghargaan bergengsi di tingkat nasional itu, Kemenpan RB juga turut memberikan penghargaan sebagai pembina pelayanan terbaik kepada Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

Penghargaan diserahkan secara langsung oleh Menteri Pan-RB Tjahjo Kumolo kepada Walikota Pekanbaru Firdaus MT didampingi Sekdako Muhammad Jamil, di Jakarta, Selasa (9/3/2021).

Usai menerima penghargaan, walikota menyampaikan jika apa yang baru diterima dari Kemenpan RB merupakan bentuk keseriusan pemerintah kota akan pelayanan publik, terutama di masa pandemi Covid-19.

"Alhamdulillah, pelayanan publik yang kita inisiasi sejak lama diberi penilaian terbaik atau prima. Ke depan, penghargaan ini dapat terus menjadi motivasi kami dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya di masa pandemi Covid-19 ini," ucapnya.

Sebagai informasi, penghargaan pelayanan publik ini diberikan KemenpanRB sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah dan instansi vertikal atas inovasi dalam pemangkasan birokrasi pelayanan sesuai semangat reformasi birokrasi. 

Di hadapan penerima penghargan tersebut, MenpanRB berpesan kepada kepala daerah untuk dapat menjalankan visi pembangunan secara lurus. Hal ini wajib didukung oleh kepala OPD sesuai dengan arahan kepala daerah. 

"Kuncinya itu adalah kreativitas dan inovasi. Kemudian dukungan OPD dan kepala OPD penting untuk mencapai visi kepala daerah. Jika kepala OPD tidak mampu mendukung itu, maka ganti saja," tegasnya. 

Selanjutnya, MenpanRB Tjahjo Kumolo mengingatkan bahwa birokrasi harus dipangkas untuk lebih cepat dalam penanaman investasi termasuk di masa pandemi guna meningkat ekonomi nasional. Semangat tersebut yang di aplikasikan Pemko Pekanbaru dimana pelayanan publik tetap berjalan dengan baik dimasa pandemi melalui sistem daring. 

"Pada dasarnya di masa pandemi seluruh pelayanan publik terganggu. Namun berdasarkan penilai KemenpanRB, Pekanbaru mengalami penurunan yang sangat rendah dibanding yang lain. Pesan saya, kita harus bisa mempertahankan itu karena Pekanbraru sudah menjadi role model nasional dalam hal pelayanan publik," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+