Laboratorium Biomolekuler di RSD Madani Pekanbaru Mulai Dioperasikan

Rabu, 10 Maret 2021 - 15:03:41 WIB Cetak

Sekretaris Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kini mulai mengoperasikan laboratorium biomolekuler di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani untuk memeriksa sampel swab.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (10/3/2021) menyebutkan, pengoperasian laboratorium itu seiring telah keluarnya rekomendasi dari provinsi maupun dari pusat pada bulan lalu.

"Sudah bisa kita terima untuk pemeriksaan swab dari luar," ucapnya.

Pengadaan laboratorium biomolekuler ini selesai pada November 2020 lalu. Laboratorium ini juga telah dilakukan uji coba pemeriksaan swab untuk internal. 

Saat itu, pemeriksaan swab untuk umum belum dapat dilakukan, karena terlebih dahulu harus mendapatkan izin operasional dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Balitbang Kes RI. 

Zaini tak menampik, lambatnya izin dikeluarkan oleh pemerintah pusat adanya kekurangan syarat rekomendasi untuk diajukan. 

"Persoalannya, karena kita minta izinnya harus minta rekomendasi secara bertahap. Dari provinsi, kemudian dari pusat. Ada rekomendasi yang harus kita penuhi, semalam itu ada kekurangannya, makanya lama," tutup dia. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+