Riau Siaga Darurat Karhutla, Pekanbaru Bersiap Tangani Kebakaran Lahan

Jumat, 26 Maret 2021 - 21:18:23 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, memeriksa peralatan pemadam kebakaran, pada apel siaga karhutla di halaman MPP Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (26/3/2021) pagi.

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kini mulai siap siaga untuk mengatasi kebakaran lahan yang rawan terjadi di sejumlah kecamatan.

Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, kesiap siagaan itu seiring dengan penetapan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Sebagai bentuk kesiapan, pemerintah kota menggelar apel siaga karhutla yang dipusatkan di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman, Jumat (26/3/2021) pagi.

"Apel siaga karhutla ini adalah kesiapan kita menghadapi bencana di hari-hari yang akan datang akibat perubahan cuaca. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan diri lebih baik lagi," ucap walikota, usai memimpil apel.

Disampaikannya, status siaga darurat penanggulangan bencana karhutla telah ditetapkan di Provinsi Riau pada 15 Februari hingga 31 Oktober 2021 mendatang. 

Dengan status siaga darurat ini, lanjut dia, Gubernur Riau mengharapkan bupati, walikota, instansi terkait, dunia usaha, dan semua pihak menggerakkan seluruh sumber daya dan kemampuan dalam penanganan karhutla di wilayah masing-masing.

"Penanganan karhutla di Riau juga didukung Pemerintah Pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana," tutupnya.

Pada upacara tersebut, Walikota Pekanbaru Firdaus MT didampingi Forkopimda turut memeriksa peralatan pemadam kebakaran yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana (BPBD). (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+