Keterangan Telah Divaksin jadi Sarat Berurusan di Kantor Lurah Tobek Godang

Jumat, 11 Juni 2021 - 13:15:19 WIB Cetak

Lurah Tobek Godang H Yasir Arafat S.Sos (dua dari kanan) dan rombongan, saat memantau vaksinasi yang dipusatkan di salah satu pusat perbelanjaan di Jalan Delima, Kamis (10/6/2021).

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, kini mulai memberlakukan surat keterangan telah disuntik vaksin sebagai salah satu persaratan yang mesti dilampirkan warga saat mengakses pelayanan publik. Begitu juga di kantor Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya.

"Surat keterangan telah disuntik vaksin ini harus difoto kopi dan dilampirkan di dalam berkas permohonan," kata Lurah Tobek Godang H Yasir Arafat S.Sos, Jumat (11/6/2021).

Disampaikannya, kebijakan itu merupakan tindak lanjut dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 14 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perpres Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

"Dasar hukumnya itu, Perpres Nomor 14 Tahun 2021," ungkapnya.

Meski dijadikan salah satu sarat yang harus dilampirkan, terang Yasir, namun pihak kelurahan tetap memproses permohonan warga yang belum disuntik vaksin dengan catatan ada keterangan dari dokter yang menyatakan warga bersangkutan tidak bisa divaksinasi karena masalah kesehatan.

"Kalau memang ada keterangan dari dokter bawah yang bersangkutan tidak bisa divaksin, permohonannya tetap kita proses," tegas dia.

Disebutkan Yasir, dengan adanya sarat berupa keterangan telah disuntik vaksin, diharapkan bisa memotivasi warga agar segera menjalani vaksinasi yang kini tengah gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru guna mencegah dan memutus sebaran wabah covid.

"Dalam hal ini, kita kan sifatnya hanya mengajak, tidak ada memaksa dan alhamdulillah antusias warga untuk bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi cukup tinggi," ucapnya.

"Karena yang perlu dipahami, vaksin ini kan tujuannya untuk menjaga kesehatan warga. Untuk memastikan warga aman dan tidak terpapar covid. Bagi warga yang paham dan mau mengerti, itu alhamdulillah sangat antusias mengikuti vaksinasi," tutup Yasir menambahkan. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+