Lelang Ratusan Kendaraan Dinas Pemko Pekanbaru Tunggu Jadwal KPKNL

Kamis, 17 Juni 2021 - 12:11:52 WIB Cetak

Kepala BPKAD Pekanbaru Syoffaizal

Betuah Pekanbaru - Lelang sebanyak 114 unit kendaraan dinas milik Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, hingga kini masih menunggu jadwal dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Pekanbaru Syoffaizal menyebutkan, 114 kendaraan dinas yang terdiri dari 37 unit kendaraan roda empat, 56 unit kendaraan roda dua dan 21 unit kendaraan operasional khusus itu telah tuntas dilakukan penilaian apraisal dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) Toto.

"Jadi sekarang kita sedang menunggu jadwal lelang dari KPKNL sebagai lembaga yang akan melakukan pelelangan," ungkapnya, Kamis (17/6/2021).

Dari pendataan awal, kata Syoffaizal, terdapat sebanyak 121 kendaraan dinas yang akan dilelang. Namun karena persoalan administrasi, kendaraan yang bisa dilelang hanya 114 unit.

Persoalan administrasi terhadap kendaraan dinas yang tidak bisa dilelang itu lantaran tidak ditemukan lagi bukti kepemilikan aset berupa STNK dan BPKB. BPKAD kemudian membuat surat ke Dirlantas untuk menerbitkan surat keterangan kepemilikan yang baru.

"Surat itu (kepemilikan) untuk memastikan bahwa kendaraan itu milik Pemko Pekanbaru. Sebab, jika tidak diurus nilai kendaraan akan turun. Artinya nilai kendaraan akan sama seperti barang rongsokan," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan, BPKAD Kota Pekanbaru menargetkan lelang kendaraan dinas tersebut telah mulai dilakukan pada Mei 2021 lalu. Lantaran jadwal lelang dari KPKNL belum ditentukan, proses lelang terpaksa ditunda. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+