DLHK Pekanbaru Bakal Gunakan Aplikasi Timbang Truk di TPA Muara Fajar

Jumat, 18 Juni 2021 - 23:12:54 WIB Cetak

Kepala Bidang Persampahan Dinas LHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi, saat mendampingi Walikota Pekanbaru Firdaus pada peninjauan di TPA Muara Fajar.

Betuah Pekanbaru - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, bakal menggunakan aplikasi timbang truk di Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah di Muara Fajar.

Kepala Bidang Persampahan Dinas LHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengatakan, aplikasi sistem informasi truk timbang secara online itu guna menindaklanjuti arahan Walikota Pekanbaru agar melakukan inovasi di dalam pengelolaan sampah.

"Nantinya, aplikasi ini akan terhubung langsung dengan operator timbang yang berada di TPA 1 Muara Fajar," ucapnya, Jumat (18/6/2021).

"Aplikasi ini bisa meningkatkan efektifitas dan transparasi kegiatan timbang bagi DLHK," ulasnya.

Saat ini, terang Hendra, aplikasi timbang truk itu masih digunakan secara private oleh bidang pengelolaan sampah. Disebutkannya, alur kegiatan timbang sampah yaitu Operator Log in menggunakan Barcode masing–masing . 

"Saat menjalankan aplikasi timbang, supir memberikan surat jalan dan kartu barcode. Kemudian operator scan kartu barcode lalu memilih nama supir sesuai yang SPJ. Setelah selesai, aplikasi print kartu timbang yang telah otomatis memproses kalkulasi berat bersih sampah sesuai perhitungan secara online," paparnya.

Ke depan, lanjut dia, aplikasi ini dapat membantu memberikan informasi yang terintegrasi dengan CCTV. Sehingga admin dapat memonitor kegiatan di TPA 1 Muara Fajar. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+