Dua RW di Tobek Godang Masuk Nominasi Proklim Utama dan Lestari PPIKHL Sumatera

Senin, 21 Juni 2021 - 15:10:59 WIB Cetak

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat

Betuah Pekanbaru - Dua Rukun Warga (RW) di Kelurahan Tobek Godang masing-masing RW 02 dan 03, masuk nominasi Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Utama dan Lestari yang ditaja Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) wilayah Sumatera.

Lurah Tobek Godang Yasir Arafat menyebutkan, masuknya dua RW dalam nominasi Proklim Utama dan Lestari itu sesuai surat pemberitahuan tentang pelaksanaan verifikasi Proklim tahun 2021 dari Direktorat Adaptasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tertanggal 18 Juni 2021 yang ditandatangani oleh Direktur Adaptasi Perubahan Iklim Sri Tantri Arundhati.

"Berdasarkan surat pemberitahuan tersebut, ada 11 dusun dan RW di Riau yang masuk nominasi. Dua RW di antaranya berada di wilayah Kelurahan Tobek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru," ungkapnya, Senin (21/6/2021).

"Ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua stakeholder (pemangku kepentingan) terkait, akademisi, RT, RW, masyarakat dan lainnya yang tidak bisa kita sebutkan satu persatu. Untuk itu kita dari pihak kelurahan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak," ulasnya.

Setelah ditetapkan sebagai nominasi, kata Yasir, selanjutnya tim dari Balai PPIKHL wilayah Sumatera akan melakukan verifikasi lapangan. Verifikasi sendiri dilakukan dalam dua cara offline dan online, tergantung dengan sebaran wabah covid terbaru di masing-masing lokasi yang akan ditinjau.

"Untuk itu, kita diminta menyampaikan hasil identifikasi zona covid di masing-masing lokasi nominasi Proklim Utama dan Lestari," ujarnya.

Nantinya, lanjut dia, verifikasi yang akan dilaksanakan secara efisien dan efektif tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes). Selama verifikasi berlangsung, KLHK melarang menggelar kegiatan serimonial dan mengumpulkan massa.

"Jadi saat verifikasi baik secara offline maupun online, peserta diminta dibatasi, hanya dihadiri atau diikuti oleh personel terkait," paparnya.

Sesuai jadwal, proses verifikasi sudah selesai dilakukan paling lambat pada minggu kedua Agustus 2021. "Mudah-mudahan hasil verifikasi nanti bisa menetapkan RW 02 dan 03 sebagai Kampung Iklim Utama dan Lestari," harap Yasir. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+