Rumah Dinas Walikota Pekanbaru Bakal Dijadikan Museum

Rabu, 23 Juni 2021 - 20:51:05 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat mengikuti acara puncak hari jadi ke-237 Kota Pekanbaru di aula lantai 6 komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Rabu (23/6/2021).

Betuah Pekanbaru - Rumah dinas Walikota Pekanbaru yang terletak di Jalan A Yani, Kecamatan Senapelan, ke depannya bakal dijadikan sebagai museum untuk menyimpan berbagai catatan sejarah yang ada di Kota Bertuah.

Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, wacana pengalihfungsian rumah dinas sebagai museum itu juga bertujuan untuk melengkapi fasilitas taman kota yang berada tepat di depan rumah dinas tersebut.

"Karena itu rumah dinas walikota akan dijadikan museum untuk melengkapi hutan yang ada taman itu. Catatan sejarah juga banyak di sana. Maka itu (rumah dinas) akan dilestarikan menjadi museum," ucapnya pada konferensi pers HUT ke-237 Kota Pekanbaru di aula lantai 6 komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya, Rabu (23/6/2021).

Untuk rumah dinas walikota yang baru, kata Firdaus, nantinya akan dibangun oleh pemerintah kota di kawasan komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya.

Selain rumah dinas walikota, lanjut dia, di komplek yang sama juga akan dibangun rumah dinas wakil walikota dan sekretaris daerah, serta Gedung Daerah Pekanbaru.

"Karena gedung daerah, kota juga belum punya. Maka kita sediakan lahannya juga. Jadi nanti rumah dinas walikota, wakil walikota, sekda dan gedung daerah akan kita bangun dalam satu komplek," ungkapnya.

Disampaikannya, total terdapat lahan seluas 300 hektare sebagai pusat perkantoran pemerintah kota. Namun yang telah disertifikasi baru 111 hektare di antaranya. "Jadi kita sudah siapkan lahannya 300 hektare," tutupnya. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+