Walikota Pekanbaru Sebut Pekansikawan tidak Persoalkan Identitas Warga

Jumat, 25 Juni 2021 - 14:02:08 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan atau Pekansikawan yang masuk dalam konsep kawasan metropolitan tidak lagi mempersoalkan tentang identitas warga.

"Maka kalau kita bicara Pekanbaru, itu tidak hanya Pekanbaru dalam wilayah administrasi pemerintahan, tapi kita berbicara masalah kawasan metropolitan yakni Kota Pekanbaru, Siak, Kampar dan Pelalawan," ucapnya, Jumat (25/6/2021).

Khusus dengan Kabupaten Kampar, kata walikota, terdapat sejumlah kecamatan yang berbatasan dengan Kota Pekanbaru di antaranya Kecamatan Tambang, Siak Hulu dan Tapung.

Pada siang hari, sebagian besar warga Kampar di wilayah perbatasan itu menjalankan aktivitas di Kota Pekanbaru.

"KTP nya Kampar, sementara aktivitas sehari-hari di Pekanbaru. Oleh sebab itu, di dalam kawasan metropolitan, kita tidak lagi mepersoalkan data kependudukan. Ini juga sudah diantisipasi pemerintah, satu warga satu identitas yang berlaku di seluruh tanah air," ujarnya.

Selain itu, lanjut walikota, untuk penanganan bencana yang terjadi di kawasan metropolitan Pekansikawan juga menjadi tanggung jawab bersama.

Sejauh ini, terang dia, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru telah aktif membantu penanganan bencana seperti kebakaran bangunan dan lahan yang terjadi di perbatasan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar.

"Jadi di dalam kawasan metropolitan, bencana menjadi tanggung jawab bersama. Karena kalau menunggu sesuai kewenangan, maka sangat sulit karena sebagian besar pos pemadam kebakaran Kabupaten Kampar, itu berada di Bangkinang," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+