Pekanbaru tak Mampu Beri Bantuan Warga Terdampak PPKM Level IV

Selasa, 03 Agustus 2021 - 14:59:37 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, menyatakan jika pemerintah kota tidak mampu memberikan bantuan bagi warga yang terdampak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV.

"Kemampuan pemerintah daerah tidak sanggup. Kalau di PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) kemarin, kita masih mampu. Kalau PPKM sekarang, kita benar-benar tidak mampu," tegasnya, Selasa (3/8/2021) menyikapi tentang tak adanya bantuan yang disalurkan dalam masa penerapan PPKM level IV.

Saat ini, kata Firdaus, pemerintah kota mulai mengalami masalah keuangan karena terdampak pandemi Covid-19. Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang sejauh ini diandalkan, terang dia, sudah tak sebanding dengan biaya penanganan covid yang dibutuhkan.

"Karena biaya penanganan covid ini tidak sedikit. Sehingga kegiatan-kegiatan kita, itu semua sudah bergeser, habis. Sementara dari pendapatan dan transfer pusat, itu turun. Sedangkan kebutuhan penanganan melambung tinggi," ujarnya.

Untuk itu, lanjut Firdaus, pemerintah kota mengandalkan bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial bagi warga yang terdampak PPKM level IV.

"Jadi dari pemerintah kota tidak ada. Tapi dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Sosial, itu ada penyaluran sesuai skema-skema yang sudah ada bagi mereka yang sudah terdata," ucapnya.

"Memang kita tidak bisa pungkiri juga. Di lapangan, di luar mereka yang sudah didata, itu juga ada warga yang miskin baru yang juga membutuhkan bantuan," tutup Firdaus menambahkan.

Seperti diketahui, selama penerapan PPKM level IV dilakukan pembatasan terhadap pergerakan warga. Hal itu mengakibatkan warga tidak bisa beraktivitas seperti biasa guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+