Booster Belasan Ribu Nakes di Pekanbaru Ditargetkan Tuntas Satu Bulan

Ahad, 29 Agustus 2021 - 13:17:23 WIB Cetak

Vaksin Moderna/Net

Betuah Pekanbaru - Penyuntikan vaksin tahap ketiga atau booster menggunakan vaksin jenis Moderna bagi belasan ribu tenaga kesehatan (nakes) yang ada di Kota Pekanbaru, Riau, ditargetkan tuntas dalam satu bulan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Arnaldo Eka Putra mengatakan, nakes yang akan disuntik vaksin booster tersebut sudah terdata di Sistem Informasi SDM Kesehatan (SISDMK) dengan jumlah mencapai 11.053 orang.

"Mereka adalah tenaga kesehatan di rumah sakit, klinik hingga puskesmas," ungkapnya, Sabtu (28/8/2021).

Disebutkan Arnaldo, untuk saat ini booster masih diprioritas bagi tenaga kesehatan.

"Kita tegaskan bahwa Moderna itu booster bagi tenaga kesehatan," ucapnya.

Selain nakes, lanjut dia, Moderna yang disebut telah terbukti memiliki kemanjuran sekitar 94,1 persen dalam melindungi dari Covid-19 mulai 14 hari setelah dosis pertama ini, juga bisa diberikan kepada warga yang belum menjalani vaksinasi menggunakan vaksin Sinovac.

"Jadi yang dapat suntikan ini hanya yang belum pernah suntik vaksin dan booster atau suntikan dosis ketiga bagi nakes," tegas Arnaldo.

Lebih jauh disampaikannya bahawa layanan kesehatan bisa menggesa pemberian dosis vaksin Moderna. Ia menyebut bahwa vaksin ini punya karakteristik berbedan seperti beku, dan saat hendak digunakan vaksin harus berada di suhu 15 hingga 25 derajat celcius. (rki)



Baca Juga Topik #kesehatan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+