Disdukcapil Pekanbaru MoU Pemanfaatan Data dengan Seluruh Kecamatan

Senin, 08 November 2021 - 22:13:19 WIB Cetak

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Syoffaizal, saat memimpin penandatangan MoU pemanfaatan data antara Disdukcapil dengan seluruh kecamatan, Senin (8/11/2021).

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pemanfaatan data dengan 15 kecamatan.

Memorandum of Understanding atau MoU yang ditandatangani oleh Kepala Disdukcapil Irma Novrita dengan camat se-Kota Pekanbaru ini, dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs H Syoffaizal M.Si, bertempat di aula lantai 6 komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Senin (8/11/2021).

Disampaikan Syoffaizal, ada tiga manfaat utama dari MoU pemanfaatan data tersebut. 

Pertama, kata dia, untuk efisiensi dan efektivitas pelayanan publik baik manual maupun online, kedua untuk falidasi data kependudukan di wilayah, dan ketiga untuk menyediakan data agregat di bidang perencanaan.

"Jadi itu sejumlah manfaat dari kerjasama pemanfaatan data antara Disdukcapil dengan seluruh kecamatan," ungkapnya.

Di kesempatan itu, Syoffaizal yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPKAD Pekanbaru ini turut memberikan sejumlah arahan kepada seluruh camat. Di antaranya, meminta camat meningkatkan SDM kecamatan terhadap penggunaan teknologi, meningkatkan mutu pelayanan bagi masyarakat, serta penguasaan camat dan lurah terkait kondisi wilayah yang dipimpin.

Kemudian, camat diminta mengaktifkan peran dan fungsi RT/RW di dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat, pengaktifan kembali pos kemanan lingkungan posko PPKM dalam upaya penanganan covid, dan melaporkan kegiatan camat secara rutin kepada Walikota Pekanbaru melalui Sekretaris Daerah (Sekda).

"Selanjutnya, camat juga kita ingatkan agar melaksanakan tertib administrasi pelayaanan, keuangan, dan pelaporan," paparnya.

Mengingat baru beberapa pekan pasca dilantik sebagai Asisten I, Syoffaizal memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai ajang silaturrahmi dengan seluruh camat. (abd)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+