Pasar Tradisional di Pekanbaru Belum Ada Jual Minyak Goreng Satu Harga

Jumat, 28 Januari 2022 - 14:09:18 WIB Cetak

Kepala Disperindag Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut

Betuah Pekanbaru - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru menyatakan, hingga kini belum ada pasar tradisonal di Ibukota Provinsi Riau yang menjual minyak goreng satu harga Rp14.000 ribu per liter untuk semua jenis kemasan.

"Pasar tradisional belum, karena pasar tradisional ngambil dari distributor juga. Minyak goreng satu harga ini kan ada distributor penyalurnya dan baru (disalurkan) di ritel modern," kata Kepala Dinas Perindag Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (28/1/2022).

Tahap awal, sebut dia, minyak goreng satu harga masih dijual di ritel modren yang terdaftar sebagai anggota Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) seperti Indomaret dan Alfamart.

Namun demikian, di beberapa swalayan yang tidak termasuk anggota Aprindo juga telah ada yang menjual minyak goreng satu harga tersebut.

"Dari hasil monitoring kami, di beberapa swalayan yang bukan Aprindo, selain Indomaret-Alfamart, juga ada yang jual Rp14 ribu. Di 99 juga ada," ungkap Ingot.

"Kalau pasar tradisional belum ada. Kalau untuk merk tertentu memang sudah ada yang turun harganya, tapi belum menyeluruh di semua pasar," tutup Ingot menambahkan.

Sementara itu, Deputi Kepala Perwakilan BI Riau Maria Cahyaningtyas seperti diberitakan salah satu media online menyebutkan saat ini sudah ada dua pasar tradisional di Pekanbaru yang menjual minyak goreng satu harga di antaranya Pasar Cik Puan dan Pasar Lima Puluh. (rki)



Baca Juga Topik #Ekonomi+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+