Takut Dipukuli Ayah Angkat, AJ Pura-pura Lumpuh Ngemis di Pasar Rumbai

Rabu, 16 Februari 2022 - 20:23:56 WIB Cetak

AJ, seorang pengemis saat diamankan satgas Dinsos Pekanbaru di Jalan Khayangan, Rumbai. (foto/dok dinsos)

Betuah Pekanbaru - Seorang pengemis inisial AJ yang sempat viral di media sosial (medsos) karena berpura-pura lumpuh saat mengemis di kawasan Pasar Rumbai, diamankan oleh Dinas Sosial Pekanbaru.

AJ diamankan di Jalan Khayangan, Rumbai, saat sedang menjalankan aksinya, Rabu (16/2/2022).

Kepala Dinas Sosial Pekanbaru Idrus menyebutkan, AJ langsung dibawa ke kantor Dinas Sosial setempat untuk dilakukan assesment dan pendataan tahap awal guna mengetahui latar belakang dan keberadaan keluarga AJ.

"Kita akan assesment terlebih dahulu untuk mengetahui motif dan latar belakang yang dilakukan pengemis ini," ucapnya.

Berdasarkan penjelasan AJ, terang Idrus, ia terpaksa mengemis dan berpura-pura lumpuh untuk menarik simpatisan warga agar memberinya uang. Uang hasil mengemis lantas diserahkan kepada seorang pria yang disebut AJ sebagai ayah angka.

Jika tidak mendapatkan uang, pengemis tanpa kartu pengenal atau identitas diri itu mengaku akan dimarahi dan dipukuli sang ayah angkat sesampai di rumah.

"Akan kita bina dan kita peringatkan agar tidak mengulangi perbuatannya itu lagi. Kita juga akan menghimbau kepada oknum-oknum yang memanfaatkan orang yang berkekurangan seperti ini," ujar Idrus.

Setelah dilakukan pembinaan, lanjut Idrus, pihaknya baru akan mengembalikan AJ ke pihak keluarga. Dinsos Pekanbaru juga mengupayakan akan memberikan edukasi kepada keluarga tersebut agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+