Disdukcapil Pekanbaru Mulai Terapkan Kartu Identitas Digital

Selasa, 08 Maret 2022 - 20:15:16 WIB Cetak

Kepala Dinas Dukcapil Pekanbaru Irma Novrita, menerima penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenpan RB, Selasa (8/3/2022).

Betuah Pekanbaru - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, kini sudah mulai menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) digital.

"Penerapannya baru di lingkungan internal kami, belum merambah ke masyarakat," kata Kepala Dinas Dukcapil Pekanbaru Irma Novrita, Selasa (8/3/2022).

Disampaikannya, penerapan KTP digital seiring ditetapkannya Kota Pekanbaru bersama puluhan kabupaten/kota di tanah air sebagai pilot project atau percontohan uji coba penerapan KTP digital oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Di Kota Pekanbaru sendiri, kata Irma, persiapan penerapan KTP digital telah dimulai pihaknya sejak 2020 lalu di awali dengan peralihan sistem SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan) terdistribusi. 

"Karena untuk persiapan KTP digital ini, itu harus beralih dari SIAK terdistribusi ke Siak terpusat. Itu kita di 2021 sudah terpusat. Alhamdulillah sudah berjalan dengan lancar," ucapnya.

Menurut dia, banyak keuntungan yang didapat oleh pemerintah dengan penerapan KTP digital. "Seperti evisiensi di segi anggaran dan lainnya," ujar mantan Camat Tampan ini.

Diharapkan, lanjut dia, aplikasi KTP digital sudah bisa diresmikan sebelum akhir masa jabatan Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Firdaus-Ayat Cahyadi berakhir di Mei mendatang.

"Sekarang aplikasi ini masih dalam pembenahan oleh Pemerintah Pusat," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+