Walikota Sebut Ada Kelompok Kecil yang Tidak Ingin Pekanbaru Bersih

Selasa, 15 Maret 2022 - 12:36:18 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus menyebutkan, hingga kini masih ada oknum dan kelompok kecil yang tak ingin melihat Kota Bertuah bersih dari sampah.

Untuk itu, kata dia, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal menindak oknum bersangkutan sesuai peraturan yang berlaku.

"Kami akan melakukan tindakan persuasif. Jika masih bandel, kami upayakan tindakan hukum," tegasnya, usai memimpin rapat pembahasan pengangkutan sampah, pemungutan retribusi serta kesiapan UPT retribusi pelayanan persampahan bersama Dinas LHK dan seluruh camat, Senin (14/3/2022).

Kepada rekanan yang bertanggung jawab atas dua zona angkutan sampah, walikota menyatakan mereka bukan hanya bertugas sekedar pengangkutan saja.

"Untuk besaran tonase sampah yang dikumpulkan rekanan, itu hanya menjadi tolak ukur pembayaran bukan penilaian kinerja," ujarnya.

Sementara terkait pemungutan retribusi sampah, pemerintah kota telah melimpahkan wewenang kepada 15 camat sekitar satu bulan lalu dan ditindaklanjuti secara terstruktur oleh 83 kelurahan.

"Kalau dulu, masalah retribusi hanya ditangani satu bidang saja di DLHK. Sekarang didistribusikan kepada 15 kecamatan lalu diteruskan ke 83 kelurahan yang ada. Jadi kerja menjadi lebih ringan dan menjadi lebih efektif," ucapnya.

Ia menginstruksikan kepada jajarannya agar sistem yang baru ini dijalankan dengan baik. Ia juga meminta semua pihak untuk berkomitmen dalam menertibkan masalah sampah di Kota Pekanbaru.

"Mari tingkatkan pelayanan, tertibkan persoalan sampah. Benahi sistem retribusi dan pengangkutan sampah. Agar kota kita ini benar-benar bersih," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+