Karhutla Sudah Hanguskan 10 Hektar Lahan di Pekanbaru

Senin, 11 April 2022 - 13:56:50 WIB Cetak

Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi dan Forkopimda, saat mengikuti rakor pengendalian karhutla di Provinsi Riau secara virtual, Senin (11/4/2022).

Betuah Pakanbaru - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kota Pekanbaru sepanjang 2022 ini, sedikitnya telah menghanguskan 10,6 hektar lahan.

"Kawasan yang rawan kebakaran lahan ini di wilayah Rumbai, Payung Sekaki dan Binawidya," ungkap Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi, usai mengikuti rapat koordinasi dengan bupati/ walikota dan forkopimda kabupaten/ kota se Provinsi Riau terkait pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Riau secara virtual, bertempat di ruang rapat lantai 3 Mal Pelayanan Publik (MPP), Senin (11/4/2022).

Guna meminimalisir karhutla, Ayat menghimbau warga di ibukota Provinsi Riau agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

"Jadi kepada masyarakat kita himbau untuk tetap, pertama, ketika membuka lahan, jangan dibakar," himbaunya.

Kemudian yang kedua, lanjut dia, bagi warga yang memiliki lahan kosong diminta berkoordinasi dengan RT dan RW setempat supaya lahan tersebut bisa diolah oleh warga sebagai tempat bercocok tanam.

"Daripada ditinggal begitu saja, tidak terurus, kemudian ditumbuhi alang-alang dan kering, kemudian ada orang lewat, buang puntung rokok, dan itu rentan terjadi kebakaran," ujarnya.

"Untuk itu, bagi lahannya luas, apalagi gambut, koordinasikan dengan RT, RW agar bisa dimanfaatkan masyarakat," tutup Ayat menambahkan. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+