Kesbangpol Pekanbaru Masih Siapkan Lokasi Penampungan Pengungsi Rohingya

Senin, 11 April 2022 - 21:02:16 WIB Cetak

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, hingga kini masih menyiapkan lokasi penampungan bagi ratusan pengungsi Rohingya.

Diperkirakan, ratusan imigran asal Myanmar yang kini ditampung di Provinsi Aceh itu baru akan direlokasi ke Pekanbaru usai Idul Fitri 1443 H.

"Paling cepat akan dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri. Sekarang kita masih mendata semua persiapan-persiapan yang harus kita lakukan," ucap Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Senin (11/4/2022).

Disampaikannya, persiapan yang dilakukan seperti melakukan survei tempat untuk melihat kelayakan sesuai dengan Perpres Nomor 125 tahun 2016. Mereka juga mencegah terjadinya penumpukan saat pemindahan.

Kemudian, lanjut pria yang akrab disapa Bang Zoel ini, pihaknya juga bakal melakukan sosialisasi kepada warga di lokasi penampungan guna menghindari adanya gesekan antar imigran dengan warga tempatan.

"Ada tahapan-tahapan, itu yang kita lakukan sebelum kita lakukan pemindahan. Yang paling penting adalah kelayakan dari pada tempat yang akan ditempati pengungsi," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Kota Pekanbaru membuka pintu untuk menampung ratusan pengungsi Rohingya asal Myanmar yang kini berada di Aceh.

Para pengungsi tersebut awalnya diselamatkan oleh TNI Angkatan Laut (AL) ketika mereka ditemukan terombang-ambing di Selat Malaka. Kapal kayu pengungsi lantas ditarik ke Aceh menggunakan Kapal Republik Indonesia (KRI) Parang-647. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+