Walikota Pekanbaru Ajak Warga Salurkan Zakat Mal Melalui Baznas

Selasa, 26 April 2022 - 22:01:18 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat menerima zakat mal Kepala Bappeda Ahmad, saat dipercaya sebagai amil zakat Baznas, di Masjid Paripurna Al-Firdaus, Selasa (26/4/2022).

Betuah Pekanbaru - Walikota Pekanbaru Firdaus, mengajak warga untuk menyalurkan zakat harta atau zakat mal melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

Ajakan itu disampaikannya, usai menyalurkan zakat mal sekaligus diminta Baznas sebagai amil zakat, bertempat di Masjid Paripurna Al-Firdaus di komplek perkantoran terpadu walikota di Tenayan Raya, Selasa (26/4/2022).

Pada kesempatan itu, walikota sempat menerima zakat mal dari sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

"Alhamdullilah, hari ini para pejabat pemko dan saya sendiri telah menyalurkan zakat yang dihimpun oleh Baznas untuk selanjutnya disalurkan ke masyarakat," ucapnya.

Disampaikan walikota, zakat yang terkumpul di Baznas akan disalurkan melalui lima program di antaranya Pekanbaru Cerdas, Pekanbaru Sehat, Pekanbaru Makmur, Pekanbaru Taqwa, dan Pekanbaru Peduli.

"Apalagi sekarang program zakat mal perusahaan bisa disubsitusi dengan pajak. Jadi para pengusaha atau pempin perusahaan tak usah ragu menyalurkan zakatnya melalui Baznas," imbaunya.

Dirinya mngakui bahwa potensi zakat di Pekanbaru cukup besar bisa mencapai Rp90 miliar lebih. Karena di Pekanbaru banyak pengusaha berpendapatan lebih, serta para pns dan pejabat instansi vertikal belum maksimal meyalurkan zakat melalui Baznas. 

"Tahun lalu kita hanya bisa capai Rp6,5 miliar, itu mayoritas dari zakat pendapatan pejabat dan ASN di lingkungan Pemko Pekanbaru. Tahun ini, kita targetkan naik seratus persen diangka Rp13 Miliar," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+