Gantikan Ismardi Ilyas, Dahlan Jamil Pimpin FKUB Pekanbaru

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:07:21 WIB Cetak

Walikota Pekanbaru Firdaus, saat mengukuhkan kepengurusan FKUB periode 2022-2027.

Betuah Pekanbaru - Dahlan Jamil terpilih sebagai Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pekanbaru periode 2022-2027, menggantikan Ismardi Ilyas yang telah tiga periode memipin organisasi keagamaan tersebut.

Kepengurusan FKUB periode 2022-2027 dikukuhkan secara resmi oleh Walikota Pekanbaru Firdaus, Kamis (19/5/2022) sore.

Pengukuhan yang dipusatkan di ruang Multimedia lantai tiga Mal Pelayanan Publik (MPP) ini, turut disaksikan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekdako Muhammad, mantan Ketua FKUB Ismardi Ilyas, serta Anggota DPRD Zainal Arifin.

Dalam arahannya, walikota menyampaikan terima kasih kepada kepengurusan FKUB yang sejauh ini telah bekerjasama dengan pemerintah kota dalam upaya menjaga keamanan dan kerukunan antar umat beragama.

"Sehingga dalam 10 tahun ini, ada persoalan-persoalan, tapi itu tidak terlalu signifikan. Rata-rata dapat kita selesaikan secara cepat, tidak ada sampai ke fisik. Bahkan, pertengkaran mulut juga tidak," ucapnya.

Menurut walikota, kekompakan antar umat beragama sangat diperlukan mengingat Kota Pekanbaru sama halnya dengan DKI Jakarta yang mana masyarakatnya tergolong heterogen.

"Enam agama ada di sini (Pekanbaru). Oleh sebab itu, kita harus bisa bersama-sama menjaga dan memberi informasi kepada masyarakat bahwa kebersamaan itu penting," ujarnya.

"Kalau kita tidak kompak. Dibumbui sedikit saja melalui berita hoaks, itu bisa menyulut perpecahan dan itu akan membawa kerugian kepada masyarakat kita sendiri," tegas walikota menambahkan.

Apabila perselisihan terjadi, lanjut dia, maka para investor tidak akan mahu berinvestasi di Ibukota Provinsi Riau. Sementara, investasi masih menjadi penunjang pemasukan mengingat Kota Pekanbaru tidak memiliki Sumber Daya Alam (SDA).

"Jadi kalau kota kita tidak aman, orang tidak mau masuk. Itulah pentingnya FKUB untuk menjaga kerukunan antar umat beragama," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+