Wabah Hepatitis Misterius Belum Ditemukan di Pekanbaru

Jumat, 27 Mei 2022 - 14:39:57 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Penyakit Hepatitis misterius yang telah mewabah di sejumlah negara, hingga kini belum ada ditemukan di Kota Pekanbaru.

"Untuk Hepatitis belum ada. Kemarin kita konfirmasi ke provinsi, juga kasusnya belum ada. Mudah-mudahan tidak terdapat di Kota Pekanbaru maupun Riau," harap Kepala Diskes Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Jumat (27/5/2022).

Meski belum ditemukan kasus, kata dia, namun Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sendiri telah membentuk tim penanganan Kejadian Luar Biasa (KLB) Hepatitis.

"Jadi kalau seandainya ada kasus hepatitis ini, lalu KLB, tim langsung bergerak," ujarnya.

Sesuai arahan Pemerintah Pusat, lanjut Zaini, pemerintah daerah diminta menyampaikan laporan jika ditemukan adanya penderita Hepatitis.

"Ketika ada kasus, kita di daerah diminta penyampaian laporannya ataupun publikasinya melalui satu pintu. Tujuannya supaya masyarakat tidak resah," ucapnya.

Lebih jauh disampaikan Zaini, Hepatitis adalah kasus yang disebabkan oleh virus Hepatitis. "Cuma kan belum jelas Hepatitis apa (yang tengah mewabah di sejumlah negara). Karena hepatitis ada beberapa jenis," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+