PAD tak Capai Target Hingga Pengadaan Mobil Dinas jadi Catatan DPRD Pekanbaru

Senin, 13 Juni 2022 - 20:38:06 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun menerima draf laporan Pansus LKPj dari Pimpinan DPRD Ginda Burnama.

Betuah Pekanbaru - Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tidak mencapai target hingga pengadaan mobil dinas Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru tahun anggaran 2021, menjadi catatan oleh DPRD setempat.

Hal itu dimuat dalam laporan Panitia Khusus (Pansus) LKPj Kepala Daerah Tahun 2021 yang disampaikan pada paripurna yang dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, Senin (13/6/2022).

Dari laporan pansus, target PAD yang tidak tercapai karena tanpa kajian yang komprehensif. Untuk itu, pemerintah kota diminta meninjau kembali target PAD dari sektor pajak dan retribusi yang ditetapkan tahun 2022.

Kemudian, dana transfer daerah dari Pemprov Riau yang terdiri dari fasilitas bantuan keuangan juga tidak mencapai target yang ditetapkan.

Selanjutnya dalam menghadapi pesta demokrasi 2024, Pemko Pekanbaru harus membuat dana cadangan pada 2022 dan 2023.

Lalu kerja sama pihak ketiga agar ditinjau kembali. Penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik juga tidak mencapai target yang ditetapkan. 

Mekanisme pembayaran yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat sering terlambat. Pengelolaan aset harus dilakukan secara profesional, serta pengadaan mobil dinas dan barang milik daerah harus dikelola secara profesional dan transparan. 

"Rekomendasi LKPj ini harus ditindaklanjuti," kata Juru Bicara Pansus LKPj Kepala Daerah 2021 Erni Sumarni.

Sementara itu, Pj Walikota Pekanbaru Muflihun, berjanji akan menindaklanjuti seluruh catatan DPRD yang disampaikan Pansus LKPj Kepala Daerah Tahun 2021 tersebut.

"Semua rekomendasi pasti kami tindaklanjuti," singkatnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+