Dimulai 20 Juni, PPDB SD di Pekanbaru Batal Sistem Online

Rabu, 15 Juni 2022 - 18:58:44 WIB Cetak

Sekretaris Disdik Pekanbaru Muzailis

Betuah Pekanbaru - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun ajaran 2022-2023 tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Pekanbaru, akan dimulai terhitung tanggal 20 Juni mendatang.

Sementara untuk tingkat SMP dimulai tanggal 27 Juni.

Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru Muzailis menyebutkan, pihaknya telah mensosialisasikan ke seluruh sekolah terkait petunjuk teknis (juknis) PPDB termasuk alur dan syaratnya. 

"Untuk itu, pihak sekolah diingatkan untuk mengacu kepada juknis dalam penyelenggaran PPDB," ucapnya, Rabu (15/6/2022).

Khusus untuk tingkat SD, lanjut Muzailis, PPDB yang sebelumnya direncanakan sistem online batal diterapkan lantaran ada perangkat pendukung yang belum siap.

"Awalnya, untuk SD rencananya PPDB dengan sistem online. Tetapi karena ada sesuatu hal, sehingga belum memungkinkan untuk online. Karena ada persiapan-persiapan dari pihak vendor tidak selesai dalam waktu yang ditentukan," ujarnya.

Dinas Pendidikan, lanjut dia, tahun ini hanya akan menerapkan PPDB semi online untuk tingkat SD. Yang mana untuk mengukur jarak sekolah dengan tempat tinggal wali murid menggunakan Google Drive. Pihak dinas juga akan memantau pelaksanaan PPDB semi online ini.

"Kita pantau dari dinas, dengan menggunakan akun yang sudah ada di masing-masing sekolah. Sehingga dinas bisa memantau pelaksanaan PPDB di masing-masing sekolah. Baik dari peranking-an, maupun pada penyesuaian daya tampung yang ada," katanya.

Ia menambahkan, untuk daya tampung SD Negeri di Pekanbaru sekitar 13 ribu lebih. Dari daya tampung tersebut, tidak semua sekolah terpenuhi kuotanya.

"Terutama di SD pinggiran, karena ada SD di pinggiran mungkin penduduk sedikit dan usia anak sekolah tidak memenuhi kuota yang ada," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #pendidikan+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+