Lagi, Satu Keluarga Pengungsi Rohingya Tinggalkan Penampungan

Rabu, 13 Juli 2022 - 15:48:43 WIB Cetak

Kepala Kesbangpol Pekanbaru Zulfahmi Adrian

Betuah Pekanbaru - Aksi kabur dari tempat penampungan yang dilakukan pengungsi Rohingya kembali terjadi. Terbaru, ada satu keluarga yang pergi dan tak kunjung kembali ke penampungan sejak 3 Juli lalu.

"Kemungkinan mereka juga sudah kabur ke Malaysia," ujar Kepala Kesbangpol Kota Pekanbaru Zulfahmi Adrian, Rabu (13/7/2022).

Saat ini, kata dia, jumlah pengungsi Rohingya yang masih menempati dua tempat penampungan di Kota Pekanbaru tinggal sekitar 45 orang.

"Di D'Coop 2 tinggal sekitar 35, sedangkan di Wisma Tazkia tinggal sekitar 7 sampai 9 orang," ungkapnya.

Disebutkan Zulfahmi, kebiasaan kabur dari tempat penampungan yang dilakukan pengungsi Rohingya asal Myanmar tersebut sudah diketahui Pemerintah Pusat.

"Dari lembaga dunia yang menaungi pengungsi juga sudah mengetahui," ucapnya.

Menurut Zulfahmi, meski sudah diperlakukan dengan baik ditambah lengkapnya fasilitas di tempat penampungan, namun pengungsi Rohingya akan tetap berupaya kabur karena memang tujuan mereka bukan ke Indonesia, tapi Malaysia.

"Kalau kita lihat sarana prasana yang di sini (D'Coop II dan Wisma Tazkia) sudah sangat layak. Tidak ada alasan soal listrik, air atau juga makanan. Semua kategorinya baik," tutupnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+