Warga Enggan Jalani Booster, Kadiskes Pekanbaru: Ada Anggapan Covid Sudah Usai

Rabu, 03 Agustus 2022 - 20:06:34 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Warga di Kota Pekanbaru, Riau, hingga kini masih enggan untuk menjalani vaksinasi dosis ketiga atau booster sesuai anjuran Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih mengungkapkan, keengganan itu lantaran warga menganggap pandemi covid yang telah terjadi sejak 2020 lalu kini telah usai.

"Masyarakat itu kan beranggapan covid ini sudah selesai, padahal kan belum, kasusnya masih ada walaupun tidak banyak," ujarnya, Rabu (3/8/2022).

Menurut Zaini, meski sebaran wabah covid telah bisa dikendalikan, akan tetapi warga harus tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan menjalani vaksinasi booster.

"Karena walaupun sudah terkendali, kasus kan tetap ada. Makanya Pemerintah Pusat dan daerah berharap masyarakat menuntaskan vaksinasi," ujarnya.

Lebih jauh disampaikan Zaini, saat ini masih ada sebanyak 158 warga yang terkonfirmasi atau positif covid. Peningkatan kasus yang terjadi sejak beberapa pekan terakhir disebut berasal dari luar daerah.

"Jadi memang awalnya dari kasus impor. Artinya dari pendatang luar kota, kemudian menularkan ke keluarganya yang ada di Pekanbaru," ucapnya.

Dari penelusuran yang dilakukan Dinas Kesehatan, sebagian besar warga yang kembali terpapar cavid lantaran belum menuntaskan vaksinasi.

"Rata-rata yang banyak terkena itu, belum selesai boosternya. Baru hanya sebatas vaksin satu dan dua. Kemudian, mereka ini ada yang pernah kena (covid) dan ada juga yang belum," pungkasnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+