Tunda Bayar Masih Ada Rp70 miliar, Muflihun: Kemungkinan Bisa Bertambah

Kamis, 22 September 2022 - 16:43:13 WIB Cetak

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun

Betuah Pekanbaru - Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun, memperkirakan tunda bayar kegiatan bisa bertambah karena kondisi keuangan pemerintah kota yang belum stabil.

Saat ini, kata dia, total tunda bayar atau hutang pemerintah kota yang belum dibayarkan ke pihak ketiga masih ada sekitar Rp70 miliar.

"Sampai (APBD) Perubahan ini saya lihat kemarin kurang lebih Rp70 miliar lagi yang belum kita bayarkan. Tapi ini kemungkinan bisa bertambah lagi, karena kondisi (keuangan) sekarang," ujarnya, Kamis (22/9/2022).

"Karena saya bilang, APBD itu asumsi keuangan, asumsi pendapatan, target. Maka harus kita kejar target itu. Kalau kita salah menghitung target, itu bisa blunder. Kita sudah belanja, tapi uanganya tidak ada," ulasnya.

Untuk itu, lanjut Muflihun, dirinya mengambil kebijakan agar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak melaksanakan kegiatan yang tak prioritas.

"Kegiatan yang tidak penting tak usah dikerjakan, untuk mengurangi beban tunda bayar," ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Pekanbaru Muhammad Jamil menyatakan jika tunda bayar Rp70 miliar itu akan dilunasi pemerintah kota melalui APBD Perubahan 2022.

"Yang Rp70 miliar ini, itu sisa (tunda bayar) yang sifatnya tidak kontraktual. Yang kontraktual kita sudah selesaikan," ungkapnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+