Sentra UMKM di Arifin Ahmad Baru Dibangun Tahun Depan

Selasa, 04 Oktober 2022 - 23:09:29 WIB Cetak

Asisten III Setdako Pekanbaru Masykur Tarmizi

Betuah Pekanbaru - Sentra Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Jalan Arifin Ahmad yang akan menjadi pusat oleh-oleh di Kota Pekanbaru, baru akan dibangun pada 2023 mendatang.

"Kami sudah merencanakan pusat oleh-oleh itu dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2023. Kami akan membangun pusat UMKM yang lebih representatif," ucap Asisten III Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Masykur Tarmizi, Selasa (4/10/2022).

Nantinya, kata dia, sentra UMKM di gedung yang pernah ditempati Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), serta KONI itu bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan produk-produknya bekerjasama dengan Dekranasda.

Untuk memajukan sentra UMKM, lanjut Masykur, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan melakukan intervensi melalui Disbudpar. 

"Agar setiap kunjungan wisatawan ke Pekanbaru yang dibawa agen perjalanan wisata, wajib berkunjung ke pusat oleh-oleh milik Pemko Pekanbaru," tutupnya.

Sebelumnya, Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun menginginkan sentra UMKM tersebut sudah mulai dioperasikan di akhir Desember 2022.

"Akhir Desember Insyaallah sudah bisa memamerkan hasil produk UMKM kita di sentra UMKM tersebut. Mudah-mudahan," harapnya, Selasa (23/8/2022).

Sebagai percepatan, sebut Muflihun, Pemerintah Kota Pekanbaru bakal mengalokasikan anggaran di APBD Perubahan 2022 untuk biaya renovasi gedung bersama Kesbangpol, Dinas Budpar dan KONI Pekanbaru yang akan dijadikan sebagai sentra UMKM.

"Nanti akan kita coba benahi di APBD Perubahan, sehingga akhir Desember ini kita Insyaallah sudah bisa memamerkan hasil produk UMKM kita. Mudah-mudahan ya," ujarnya. (rki)



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+