Hadir di CFD, Bapenda Pekanbaru Buka Pos Pembayaran 11 Objek Pajak

Ahad, 27 November 2022 - 15:42:24 WIB Cetak

Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan, saat meninjau pos pelayanan pembayaran pajak di kawasan CFD, Minggu (26/11/2022).

Betuah Pekanbaru - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru, membuka pos pelayanan pembayaran 11 objek pajak di kawasan Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (26/11/2022) pagi.

Pos pelayanan tersebut dibuka secara rutin di depan kantor Bank Riau Kepri cabang Pekanbaru dimulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB guna mempermudah masyarakat wajib pajak dalam menunaikan kewajibannya tepat waktu.

Adapun pembayaran pajak yang dapat dilayani di posko Bapenda di kawasan CFD itu antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan dan pajak reklame.

Kemudian pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak minerba, pajak sarang burung walet, serta pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Keberadaan pos pelayanan ini ditinjau secara langsung oleh Kepala Bapenda Pekanbaru Alek Kurniawan yang baru dilantik Penjabat Walikota Pekanbaru Muflihun pada 21 November lalu untuk menggantikan Zulhelmi Arifin yang dipindah tugaskan sebagai Kepala Dinas Perindag.

Pada peninjauan itu, Alek menyebutkan bahwa event CFD berpotensi mendatangkan masyarakat yang umumnya memanfaatkan kegiatan akhir pekan untuk berolahraga sekaligus rekreasi. Hal itu mesti dimanfaatkan pihaknya untuk mensosialisasikan tentang pajak daerah dan kegiatan turunan menarik lainnya.

Bukan tanpa sebab, hal ini menjadi penekanan utama dari Pj Walikota Pekanbaru Muflihun agar PAD harus dapat dicapai secara optimal dan selalu diorientasikan kepada peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan.

"Untuk itu, kita konsisten melakukan giat sosialisasi pajak daerah di areal CFD ini. Makanya kita dorong kawan-kawan di Bapenda mengoptimalkan keberadaan giat ini karena berpotensi memperluas sosialisasi pajak daerah di Pekanbaru," ucap Akur, sebutan termutakhir Alek Kurniawan saat ditemui disela-sela giat CFD.

Sejumlah kegiatan dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti sosialisasi pajak untuk pembangunan kota bertuah ini. Ditandai Petugas Bapenda melakukan longmarch sembari membawa spanduk stimulus-stimulus pajak di antaranya ada discount 50% BPHTB dan penghapusan denda tunggakan pajak daerah. 

"Kegiatan ini akan terus berjalan setiap minggu, dengan memberikan edukasi dan pelayanan kepada masyarakat terkait pentingnya membayar pajak untuk pembangunan daerah," ujarnya.

Ke depannya, Alek berharap agar gelaran sosialiasi dapat dioptimalkan lagi misalnya dimeriahkan dengan pemberian doorprize kepada para pengunjung tenan Bapenda.

"Kita akan evaluasi dan optimalkan keberadaan sosialisasi pajak di CFD ini, agar betul-betul menarik masyarakat untuk mendatangi loket kita," kata dia.

Lebih jauh disampaikan Alek, ada beberapa catatan yang mesti dievaluasi dari keberadaan pos pelayanan pembayaran pajak tersebut di antaranya optimalisasi pelayanan prima dan menarik dari para petugas yang bertugas, perbaikan infrastruktur pendukung seperti komputer, printer, serta dilengkapi pengeras suara agar keberadaan loket Bapenda di CFD lebih banyak dikunjungi masyarakat.

"Jadi ada beberapa catatan untuk optimalisasi giat ini ke depannya, mulai dari pelayanan prima dari petugas, keberadaan loket yang menarik dan hal terkait lainnya," tutup Alek yang tampak didampingi Kepala Bidang Pengendalian Pajak Daerah Hidayah Alfitri.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+