Puluhan Puskesmas di Pekanbaru Beri Layanan Pemeriksaan HIV-AIDS

Rabu, 30 November 2022 - 15:35:08 WIB Cetak

Kepala Diskes Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih

Betuah Pekanbaru - Sebanyak 21 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di Kota Pekanbaru, kini membuka pelayanan pemeriksaan dan pengobatan bagi penderita HIV-AIDS.

"Jadi mereka sudah bisa mengakses layanan ini di puskesmas. Tidak ada biaya," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Zaini Rizaldy Saragih, Rabu (30/11/2022).

Selain di puskesmas, layanan pendukung dan layanan tes HIV-AIDS juga tersedia di 26 rumah sakit, empat lembaga permasyarakatan (lapas), dan satu rumah tahanan (rutan).

"Khusus untuk pengobatan, itu tersedia di 13 fasilitas layanan kesehatan baik puskesmas maupun rumah sakit," ungkap Zaini.

Di samping memberikan layanan pemeriksaan dan pengobatan, lanjut dia, Dinas Kesehatan bersama KPA setempat juga terus melakukan upaya pemberian informasi baik langsung maupun melalui media massa.

"Ada juga pendampingan agar bisa melakukan pemeriksaaan tes sukarela terhadap pasangannya (penderita HIV-AIDS)," ucapnya.

Untuk menekan kasus HIV-AIDS di Pekanbaru, Zaini berharap dukungan berbagai pihak termasuk tokoh masyarakat, organisasi masyarakat, LSM, tokoh agama, tokoh pemuda dan tokoh perempuan termasuk ibu-ibu kader di wilayahnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+