Evaluasi Pengelolaan Parkir, Jukir di Pekanbaru Diminta Budayakan 3S

Kamis, 29 Desember 2022 - 22:13:37 WIB Cetak

Kepala Dishub Pekanbaru Yuliarso, memberikan keterangan pers usai sosialisasi dan evaluasi pengelolaan perparkiran.

Betuah Pekanbaru - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru, menggelar sosialisasi dan evaluasi pengelolaan perparkiran, Kamis (29/12/2022).

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Furaya ini dipimpin secara langsung oleh Kepala Dishub Yuliarso didampingi Kepala UPT Perparkiran Radinal Munandar.

Menghadirkan pemateri Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Novaldi, kegiatan tersebut diikuti seluruh koordinator juru parkir (jukir) se-Kota Pekanbaru.

Dalam kesempatan itu, Yuliarso mengatakan jika pengelolaan parkir di Kota Pekanbaru saat ini sudah menjadi salah satu referensi nasional, akibat perubahan pengelolaan yang dilakukan.

Yang mana, untuk sistem pembayaran sendiri sudah menerapkan pembayaran non tunai menggunakan mesin EDC. "Jadi, sudah banyak daerah lain yang melihat pengelolaan parkir di Pekanbaru, dan menjadikan rol model," ungkapnya.

Namun demikian, sebut Yuliarso, pihaknya bekerjasama dengan PT Yabisa Sukses Mandiri selaku pengelola parkir di tepi jalan umum terus berbenah guna meningkatkan pelayanan.

Satu hal yang turut menjadi perhatian yakni kelengkapan atribut dan sistem pelayanan oleh jukir. Ke depannya, jukir diminta untuk membudayakan 3S yakni Senyum, Salam dan Sapa.

"Kemudian jukir harus menyambut dan mengantarkan kendaraan ke lokasi maupun keluar dari area parkir. Karena tujuan parkir ini bagaimana parkir di ruang milik jalan lebih tertib, teratur dan aman lalulintas di sekitar wilayah tersebut," tutupnya.

Sementara itu Kabag Ops Polresta Pekanbaru Kompol Novaldi, mengatakan jika dirinya sependapat dengan Kepala Dishub Yuliarso agar para jukir membudayakan 3S.

Ia mengaku saat ini sudah ada sejumlah jukir yang menerapkan 3S.

"Seperti salah seorang jukir di Panam, itu pelayanannya sangat baik. Saya pernah beberapa kali parkir, dia selalu menolak saat saya bayar parkir. Karena pelayanannya sangat baik, saya pun meminta dia untuk mengambil uang parkir saya," ujarnya.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+