Pemko Pekanbaru Tunggu Laporan THL Positif Narkoba dari OPD

Rabu, 25 Januari 2023 - 22:43:51 WIB Cetak

Pj Sekdako Pekanbaru Indra Pomi Nasution

Betuah Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, masih menunggu laporan dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait tenaga harian lepas (THL) yang positif mengkonsumsi narkoba.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota (Pj Sekdako) Pekanbaru Indra Pomi Nasution menyebutkan, dari informasi yang ia terima ada sejumlah THL yang terindikasi penyalahgunaan narkoba sesuai hasil tes urine yang dilakukan.

"Tapi laporan resminya (dari OPD) belum kita terima," ungkapnya, Rabu (25/1/2023).

Jika memang positif mengkonsumsi narkoba, kata dia, THL bersangkutan dipastikan akan dipecat sebagai pegawai non ASN di lingkungan pemerintah kota.

"Kalau memang dia positif, ya tentu tidak kita pakai," tegasnya.

Sebab, terang Indra, hasil tes urine yang dilakukan merupakan syarat utama perpanjangan kontrak kerja bagi THL di 2023 ini.

"Bebas narkoba itu salah satu poin syarat untuk memperpanjang kontrak," ujarnya.

Selain tes urine, lanjut dia, evaluasi kinerja juga harus menjadi pertimbangan OPD dalam memperpanjang kontak kerja THL. Ia tak menginginkan THL yang dipekerjakan tidak memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

"Jangan sampai orangnya ada, namun tidak tahu apa yang mesti ia kerjakan. Artinya merugikan pemerintah kota juga. Makanya kepala OPD harus melakukan seleksi ulang. Kalau kinerjanya bagus, pertahankan dan tentu mesti bebas narkoba," tutupnya.

Seperti diketahui, dua OPD di antaranya Satpol PP dan Dinas Perhubungan Pekanbaru melakukan tes urine terhadap para THL. Dari tes itu, sejumlah personel Dishub ada yang terindikasi narkoba.***



Baca Juga Topik #Pekanbaru+
Tulis Komentar +
Berita Terkait+